Penjelasan Google Jalan Dewi Persik Pengganti Jalan Dewi Sartika

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu Google memberikan penjelasan kenapa Jalan Dewi Sartika di Bekasi bisa berubah menjadi Jalan Dewi Persik di layanan peta digital Google Maps. Pemerintah Kota Bekasi bakal menempuh jalur hukum terhadap operator Google Maps, menyusul perubahan nama Jalan Dewi Sartika menjadi Dewi Persik di wilayah setempat.

Gugatan itu ditempuh, bila selama sepekan perusahaan mutlinasional asal Amerika Serikat tersebut mengacuhkan surat permintaan klarifikasi dari pemerintah. Persoalannya adalah nama pahlawan yang diubah menjadi nama artis. Kalau nama itu sengaja diubah atau tidak ada klarifikasi akan dilaporkan ke hukum. Perubahan nama jalan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab ini merupakan hal serius.

Selain bisa membingungkan masyarakat, nama yang diubah merupakan nama pahlawan. Nama itu menyangkut integritas kota. Pemerintah daerah berencana menggunakan nama pahlawan di seluruh ruas jalan di Kota Bekasi. Namun, upaya tersebut terkendala penolakan warga. Saat ini beberapa ruas jalan protokol di Kota Bekasi telah menggunakan nama pahlawan.

Misalnya Jalan KH Noer Alie, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Chairil Anwar, Jalan Mayor Hasibuan, Jalan Sudirman, Jalan Sultan Agung, dan sebagainya. Pemerintah sengaja mengambil nama pahlawan sebagai nama jalan, supaya masyarakat selalu mengenang jasa-jasa pahlawan Indonesia.

Perwakilan dari Google Indonesia mengakui ada kesalahan nama tempat yang muncul di Google Maps yang tidak seharusnya terjadi.Google telah menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang sempat bikin heboh netizen dan membuat Pemerintah Kota Bekasi protes.

Baca Juga: Ini Alasan Raline Shah Diangkat Jadi Direktur AirAsia

Dalam penjelasannya, Google mengakui sangat mengandalkan penggunanya untuk berkontribusi dalam berbagai informasi yang ada di Maps. Cara ini membuat Maps bisa mempunyai informasi yang sangat lengkap karena siapapun bisa berkontribusi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply