Foto Profil Pasutri Bos First Travel Di Rutan Polda Metro Jaya

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Satgas Waspada Investasi menghentikan kegiatan usaha 11 entitas yang menawarkan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi tanpa izin. Salah satu perusahaan yang dihentikan kegiatannya adalah PT First Anugerah Karya Wisata / First Travel. Polisi menahan pemilik First Travel Andika Surachman dan istrinya yang bernama Anniesa Hasibuan atas dugaan kasus penipuan.

Andika dan Anniesa telah menjalani pemeriksaan sebelumnya. Penyidik yang menangani kasus ini berkeyakinan telah cukup bukti untuk menetapkan keduanya sebagai tersangka dan dilakukan penahanan. Diperkirakan kerugian calon peserta umrah yang belum berangkat mencapai Rp 550 miliar. Keduanya disangkakan Pasal 378 KUHP terkait penipuan dan Pasal 378 KUHP terkait penggelapan.

Pihak kepolisia akan terus mengembangkan kasus ini. Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri mengatakan, kedua tersangka ditahan di Polda Metro Jaya. Pada kasus ini, First Travel menawarkan harga pemberangkatan umrah yang lebih murah dari agen travel lainnya.

Pembeli tergiur dan memesan paket umrah. Namun, hingga batas waktu yang dijanjikan, calon jemaah tak kunjung berangkat. 70 ribu orang yang sudah membayar dan hanya 35 ribu yang sudah berangkat. Sisanya tidak berangkat dengan berbagai alasan. Jika dihitung kerugian Rp 14 juta dikali angka itu bisa mencapai Rp 550 miliar.

Baca Juga: Modus Operandi First Travel Tarik Ribuan Jemaah Total Kerugian Capai Rp 550 Miliar

First Travel juga memberi iming-iming kepada calon peserta umrah. Mereka menjanjikan akan memberangkatkan peserta umrah dengan menyewa pesawat. Tapi peserta harus membayar biaya tambahan. Mereka tawarkan ada charter (sewa) pesawat dengan biaya per jamaah Rp 2,5 juta. Tapi ternyata yang diberangkatkan hanya 10 persen, sisanya tidak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply