Kronologi Johannes Marliem Saksi Kunci Korupsi e-KTP Tewas Di AS

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Johannes Marliem, seorang saksi kasus e-KTP yang meninggal di Amerika Serikat teryata merupakan salah satu donatur terbesar dalam pesta inaugurasi kedua Presiden Barack Obama. Johannes Marliem diketahui memiliki firma marketing bernama Marliem Consulting yang berbasis di Minneapollis, Minnesota.

Saat inaugurasi ke-dua Obama, Johannes menyumbang dana sebesar US$255 ribu atau hanya selisih US$25 ribu dari korporasi multinasional ExxonMobil. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui juru bicaranya membenarkan kematian Johannes pada Jumat 11 Agustus 2017 namun belum menjelaskan lebih rinci penyebab kematiannya. Meskipun demikian kematian Johannes juga heboh diberitakan media Los Angeles.

Pasalnya, di lingkungan rumah yang disewa Johannes Marliem juga terjadi insiden penembakan yang melibatkan kehadiran polisi, FBI dan CIA. Rumah yang dimaksud merupakan milik Tamme McCauley, mertua aktor terkenal Joseph Gordon-Levitt. Polisi terpaksa menembakkan banyak peluru guna mempertahankan diri, selain juga melemparkan gas air mata.

Pelaku penembakan ditemukan tewas di rumah mewah tersebut, namun tidak jelas penyebab kematiannya. Selama insiden penembakan berlangsung, empat rumah lainnya di kawasan tersebut dievakuasi. Di sisi lain, tidak ada keterangan yang jelas mengenai kematian Johannes Marliem yang tinggal tidak jauh dari lokasi penembakan.

Baca Juga: Sosok Destiara Talita Model Cantik Laporkan Wali Kota Kendari Ke Polisi

Johannes Marlim adalah pemasok alat pengenal sidik jari atau automated fingerprint identification system (AFIS) ke konsorsium penggarap proyek e-KTP. Dari tangan Johannes yang juga Direktur Biomort Lone LLC, penyidik KPK banyak mendapatkan bukti rekaman serta aliran uang e-KTP ke DPR dan pejabat Kemendagri, dari awal proyek itu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply