Awas Paedofil ! Orangtua Jangan Unggah Foto Anak di Medsos

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Kasus grup pedofilia di media sosial baru-baru ini membawa Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menekankan pentingnya pemerintah untuk mendorong penguatan keluarga sebagai langkah mencegah anak dari predator. Kejahatan paedofilia melibatkan banyak jaringan baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, jaringan media sosial juga dilakukan secara masif dan terorganisir. Korban kekerasan seksual bukan saja meninggalkan trauma berat dan berkepanjangan. Namun, juga berimbas terhadap kelainan seksual anak saat beranjak dewasa. Publik dikejutkan setelah aparat Subdit Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengungkap keberadaan sebuah akun media sosial yang memiliki konten pornografi anak.

Akibat komentar negatif terhadap pemberitaan putrinya, Nafa Urbach naik pitam. Pasalnya komentar yang dilontarkan tersebut bernada melecehkan dan seakan mengarah pada perilaku paedofil. Nafa Urbach tak segan mengunggah komentar tersebut ke akun Instagramnya.

Ketua organisasi bidang perlindungan anak, Indonesia Child Protection Watch menilai reaksi Nafa wajar adanya sebagai seorang ibu yang khawatir dengan apa yang terjadi pada anaknya. Meski belum tentu komentar-komentar miring tersebut belum tentu berasal dari pelaku paedofil, tapi para orang tua tetap harus berhati-hati.
Menurutnya, saat ini masyarakat harus waspada terhadap kejahatan seksual, termasuk paedofil. Paedofil punya banyak pakaian. Ada paedofil yang mengenakan pakaian relawan kemanusiaan juga pengajar baik di sekolah formal maupun informal seperti komunitas atau tempat les.

Baca Juga: Hasil Juventus vs Lazio 2-3 Biancocelesti Juara Piala Super Italia 2017

Mabes Polri juga sudah memperingatkan saat tertangkapnya jaringan paedofil yang ternyata merupakan jaringan paedofil internasional. Indonesia Child Protection Watch menambahkan, orang tua diimbau untuk tidak mengunggah kegiatan anak di media sosial, karena hal ini bisa mengundang orang atau bisa jadi pedofil untuk berbuat jahat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply