Foto Bendera Terbalik Indonesia Coreng SEA Games 2017 Malaysia

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Dunia tahu tentang sejarah bendera dan bentuk-bentuk lambang negara masing-masing negara anggota PBB. Mengapa pemerintah Malaysia melakukan penghinaan kepada Indonesia dengan cara memasang Sang Saka Merah Putih, tidak sebagaimana mestinya alias terbalik. Malaysia, sebagai negara federal menjadi anggota negara PBB sejak 17 September 1957.

Indonesia mendahului 7 tahun, baru kemudian Malaysia. Dalam hubungan bilateral dengan Malaysia telah terjalin cukup lama sejak Soekarno-Hatta hingga Presiden RI Joko Widodo. Malaysia selaku tuan rumah SEA Games 2017 sukses melakukan upacara pembukaan dengan meraih pada Sabtu 19 Agustus 2017. Malaysia mengemas upacara pembukaan SEA Games dengan cukup baik di Stadion Bukit Jalil berbagai atraksi dan hiburan mewarnai acara tersebut.

Kontingen Indonesia juga mendapat sambutan hangat dari penonton yang hadir langsung ke stadion. Namun kondisi itu malah dicoreng oleh kesalahan yang cukup fatal dari penyelenggara SEA Games 2017 (MASOC). Bendera Indonesia dicetak terbalik pada buku panduaan SEA Games 2017 yang seharusnya merah putih menjadi putih merah.

Sontak hal ini membuat geram perwakilan Indonesia yang hadir di sana. Salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang langsung meluapkan kekecewaan di Twitter. Kontroversi yang dibuat oleh penyelanggara tak cukup sampai di situs. MASOC juga melakukan kesalahan terkait rekam jejak juara umum pada SEA Games 2011.

Baca Juga: 7 Tips Terbang Bersama Anak untuk Orangtua Muda

Pada 2011 lalu, Indonesia yang berhasil menjadi juara umum. Namun bukan bendera Indonesia yang dipasang, melainkan milik Thailand. Kontingen Indonesia juga tak bisa memamerkan kostum adat saat delfie pesta pembukaan. Ini menyusul keputusan MASOC yang menyarankan agar negara peserta menggunakan jas saja, karena Singapura tak membawa pakaian adat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply