Inilah Keutamaan Puasa Dzulhijjah Penuh Keutamaan dan Berlimpah Pahala

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Kesempatan beribadah tidak hanya diberikan kepada jamaah haji. Siapapun mendapat kesempatan beramal meskipun dalam bentuk yang berbeda-beda. Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa dalam penanggalan Islam. Pada bulan tersebut ibadah haji diperintahkan untuk dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu.

Selain itu, pada bulan Dzulhijjah terdapat anjuran bagi umat Muslim untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah yang akan diganjar pahala yang berlipat ganda. Anjuran memperbanyak amal saleh itu termaktub dalam sejumlah hadits. Hadits tersebut menunjukkan beramal apapun di sepuluh hari pertama Dzulhijjah sangat dianjurkan. Namun kebanyakan ulama menggunakan hadits di atas sebagai dalil anjuran puasa sembilan hari pada awal Dzulhijjah.

Hal ini terlihat dalam pembuatan judul bab hadits tersebut. Dalam kajian hadits, pemberian judul bab sekaligus menunjukan pemahaman seorang rawi terhadap hadis yang diriwayatkan. Artinya, secara tidak langsung Ibnu Majah selaku perawi menjadikan hadits itu sebagai dalil kesunahan puasa.

Kendati disebutkan puasa sepuluh hari dalam hadits di atas, ini bukan berati pada tanggal 10 Dzulhijjah juga dianjurkan puasa. Malah puasa pada tanggal itu dilarang karena bertepatan dengan Idul Adha. Berdasarkan pendapat An-Nawawi ini, siapapun disunahkan untuk beramal sebanyak-banyaknya di bulan Dzulhijjah khususnya puasa sembilan hari di awal bulan.

Baca Juga: Video Jemaah Haji Indonesia Selawat di Bandara Banjir Pujian

Dengan demikian, Rasul menyetarakan pahala beramal di sepuluh hari Dzulhijjah dan mati syahid. Karena konteks negara kita bukan perperangan, dalam kondisi aman dan damai, tentu memperbanyak amal di bulan Dzulhijjah, terutama puasa, lebih diprioritaskan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply