Mengalir ke Sinilah Misteri Raibnya Rp 848,7 Miliar Uang Korban First Travel

0
M CumaBerita.com, Jakarta. First Travel disebut menginvestasikan dana ke koperasi Pandawa. Koperasi tersebut diputus pailit dan pemiliknya menjadi tersangka kasus investasi bodong. Penyidik juga mengkonfirmasi soal investasi itu kepada dua tersangka.

Pasangan suami istri pemilik biro perjalanan umrah First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, mengaku lupa-lupa ingat ke mana saja dana dari rekening perusahaan dialirkan. Dari 72.682 orang pendaftar, First Travel baru memberangkatkan 14.000 orang. Selebihnya, sebanyak 58.682 calon jamaah masih terkatung-katung menunggu kepastian. Adapun total kerugian para korban ditaksir Rp 848,700 miliar. Uang tersebut diduga digunakan para tersangka untuk membeli sejumlah aset.

Polisi juga tengah menyelidiki dugaan tindak pidana pencucian uang. Kepala Bareskrim Polri mengatakan, belum diketahui ke mana saja hilangnya dana calon jemaah umrah yang ditampung di rekening perusahaan. Penyidik kepolisian tak hanya mengandalkan informasi dari para tersangka saja. Penyidik telah memeriksa saksi lebih dari 30 orang yang terdiri dari berbagai pihak.

Selain itu ada juga informasi dari masyarakat yang mengetahui ada aset lain milik Anniesa dan Andika.

Aset Bangunan
Setidaknya ada tujuh bangunan yang disita penyidik. Pertama yakni rumah mewah Andika dan Anniesa Desvitasari, di Sentul City, Kabupaten Bogor dan masih banyak lagi rumah mewah lainnya.

Aset Kendaraan
Penyidik menyita lima mobil dengan jenis Volkswagen Caravelle warna putih dengan nomor polisi F 805 FT, Mitsubushi Pajero warna putih dengan nomor polisi F 111 PT, Toyota Vellfire warna putih nomor polisi F 777 NA. Di samping itu, ada sebelas mobil lain yang diduga terkait dengan kasus tersebut.

Baca Juga: Foto Tak Ada Raut Wajah Penyesalan dari Pasutri Bos First Travel

Aset di Luar Negeri
Kedua tersangka juga mengaku mereka memiliki restoran di Inggris. Hingga saat ini, penyidik masih mengecek keberadaan restoran itu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply