Miliki 9 Airsof Gun dan 10 Peluru Hukuman Mati Menanti Bos First Travel

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Mabes Polri akhirnya merilis tiga tersangka kasus dugaan penipuan biro perjalanan umrah First Travel. Ketiganya masing-masing, Andika Surachman sebagai Direktur Utama, Anniesa Desvitasari Hasibuan sebagai Direktur First Travel, dan Kiki Hasibuan sebagai Komisaris dan Manajer Keuangan.

Khusus Andika, Bareskrim Mabes Polri menyangkakan kasus lain terkait kepemilikian 10 butir peluru tajam. Polisi menemukan sembilan senjata airsoft gun dan sepuluh peluru tajam di rumahnya, kawasan Sentul, Jawa Barat. Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menjelaskan delapan senjata airsoft gun laras panjang dan satu pistol tersebut ada yang memiliki izin dan ada yang tidak.

Atas kepemilikan tersebut, pelaku dijerat UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 yang mengatur bahwa barang siapa yang menyalahgunakan senjata api dapat dihukum dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya dua puluh tahun. First Travel sempat memberangkatkan sejumlah artis umrah ke Tanah Suci Mekkah.

Pemberangkatan ini merupakan strategi First Travel untuk menggaet calon jemaah umrah lebih banyak lagi. Cara itu merupakan bagian dari modus First Travel dalam melakukan penipuan. Sejumlah artis disebut-sebut pernah bekerjasama dengan First Travel, di antaranya Syahrini, Ria Irawan, dan almarhumah Julia Perez.

Baca Juga: Mengalir ke Sinilah Misteri Raibnya Rp 848,7 Miliar Uang Korban First Travel

Dari jumlah yang terdaftar, sebanyak 14.000 orang sudah diberangkatkan. Sementara sisanya belum juga pergi ke tanah suci meski sudah membayar lunas. Sebagian korban telah menyampaikan keluhan mereka ke crisis center yang dibuka di Bareskrim Polri. Ada keluhan korban yang belum menerima uang dan paspor kembali meski sudah menarik diri untuk berangkat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply