Arti Saracen yang Dipakai Sindikat Penyebar Kebencian

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Divisi Siber Bareskrim Mabes Polri mengungkap sindikat kasus penyebaran ujaran kebencian terkait SARA dan menangkap tiga pelaku. Ketiga pelaku ini menjalankan bisnis ujaran kebencian melalui media sosial dan laman saracen/.com yang hingga kini belum diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pelaku yang ditangkap hanyalah tiga dari 800 ribu orang yang menjalankan bisnis ujaran kebencian dengan menerima pesanan dari berbagai pihak. Nilai orderannya dari mulai Rp75 juta sampai dengan Rp100 juta. Kelompok ini menamai diri mereka Saracen, sebutan untuk penganut Islam di abad pertengahan. Tercatat dalam Ensiklopedia Britannica, Saracen merupakan sebutan bagi muslim, baik orang Arab maupun Turki yang tinggal di Semenanjung Sinai.

Istilah Saracen kemudian digunakan untuk menyebut semua orang Arab pada abad-abad berikutnya. Dan setelah pembentukan kekhalifahan, Bizantium menyebut semua orang muslim khalifah sebagai orang Saracen. Melalui Bizantium dan tentara salib, nama tersebut menyebar ke Eropa barat dan bertahan sampai zaman modern.

Namun menurut Defender of Jerusalem, orang Saracen yang disebut sebagai musuh tentara salib, bukan hanya terdiri dari orang Arab dan Turki. Karakteristik yang paling menonjol namun sering terlupakan dari tentara Saracen adalah keragaman etnis mereka. Istilah Saracen berarti orang Timur dan secara kolektif menunjuk lawan-lawan muslim dari tentara salib.

Baca Juga: Alasan Zlatan Ibrahimovic Resmi Balik Gabung Manchester United!

Pasukan Saracen tidak hanya terdiri dari orang Arab dan Turki, dua kelompok etnis terbesar yang berperang melawan tentara salib, Saracen juga termasuk Kurdi, Nubia, dan Berber. Mereka yang disebut orang Arab terdiri dari orang-orang Suriah, Badui dan Mesir, dan istilah Turki juga sebenarnya mencakup berbagai suku Turkmen. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply