Foto Profil Tonny Budiono Pegawai Teladan Kementerian Perhubungan Diduga Kena OTT KPK

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Tonny Budiono dan Adiputra ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap Dirjen Hubla Kemenhub Rp 20,74 Miliar. Suap untuk Tonny Budiono dilakukan dengan modus baru. Awalnya, Adiputra membuka rekening atas nama seseorang yang diduga fiktif.

Rekening tersebut kemudian diisi secara bertahap. Kartu ATM dari rekening tersebut diserahkan kepada Tonny Budiono. Melalui kartu ATM tersebut, Tonny Budiono dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan ataupun mencairkannya. Sementara itu, KPK masih mendalami uang senilai Rp 18,9 miliar dari 33 tas yang disita di kediaman Tonny Budiono.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan pada hari Rabu, 23 Agustus 2017. Dirjen Hubla, Tonny Budiono pernah berjanji memberantas korupsi. Pria kelahiran Pekalongan, 13 Juli 1958 ini pada awal bulan Oktober 2016 direpotkan dengan penangkapan anak buahnya.

Polda Metro Jaya waktu itu menangkap dua staf dan tiga pegawai honorer Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Mereka diduga menerima suap dari pengusaha yang sedang mengurus perizinan. Penangkapan Tonny Budiono juga menjadi ironi pemberantasan korupsi.

Tonny Budiono pernah menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya dari Presiden Joko Widodo. Satyalancana Karya merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah lama berbakti dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, dan kesetiaan serta menjadi teladan bagi pegawai lain.

Baca Juga: Hasil OTT Kasus Suap Dirjen Hubla Kemenhub Rp 20,74 Miliar

Terkait kasus operasi tangkap tangan pejabat Kemenhub, Menteri Perhubungan mengatakan selain menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat, juga menyatakan upaya pihaknya akan melakukan pendampingan hukum. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply