Hal Yang Wajib Diketahui Soal Lowongan CPNS 2017 Gelombang II

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini pemerintah tengah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2017). Sebanyak 61 instansi pemerintah membuka lowongan CPNS yang diperuntukkan bagi 17.928 orang. Pendaftaran lowongan CPNS ini dibuka pada 11 hingga 25 September 2017. Seperti disiarkan oleh Kemenpan RB, ada beberapa informasi yang harus diperhatikan sebelum ikut dalam proses penerimaan ini.

Berikut ulasan kal yang wajib diketahui soal lowongan CPNS 2017 Gelombang II.

Bisa mengecek informasi jadwal lewat tiga portal pemerintah
Ada tiga portal pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses informasi mengenai penerimaan CPNS 2017 gelombang kedua. Tiga situs tersebut adalah:
1. www.menpan.go.id
2. https://ssc.bkn.go.id atau
3. https://cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2

Seluruh proses penerimaan CPNS diakukan melalui sistem online
Seluruh proses penerimaan CPNS ini dilakukan dengan sistem online melalui https://sccn.bkn.co.id/.

Ada kuota khusus bagi lulusan Cumlaude serta putra Papua
Lulusan kuliah yang menyandanng predikat cumlaude patut berbangga. Pasalnya, dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2017) ini lulusan terbaik mendapat jatah khusus. Sebanyak 1.850 lowongan CPNS 2017 disiapkan bagi mereka yang bisa mampu menyelesaikan kuliah dengan nilai memuaskan.

Tidak dipungut biaya
Diingatkan, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.

Hanya bisa mendaftar satu instansi dan jabatan
Seperti pendaftaran pada gelombang pertama, calon pelamar CPNS gelombang kedua pun hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. Pastikan kompetensi dan kemampuan sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Pelamar CPNS gelombang I yang gagal bisa kembali mendaftar di gelombang II. Bagi pelamar CPNS gelombang I (Kemenkumham dan MA) yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi diberikan peluang untuk kembali melamar CPNS di 61 Kementerian/Lembaga yang dibuka pada lowongan CPNS gelombang II.

Khusus bagi pelamar yang sebelumnya sudah melamar pada seleksi gelombang I tidak perlu lagi membuat akun saat akan melamar lowongan CPNS di 60 Kementerian/Lembaga ini. Pelamar hanya perlu log-in pada situs sscn.bkn.go.id dengan memasukkan NIK dan password yang digunakan pada pelamaran lowongan CPNS 2017 sebelumnya.

Baca Juga: Formasi Inilah Bappenas Buka Rekrutmen CPNS 2017

Waspada penipuan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur meminta masyarakat lebih berhati-hati agar tak tertipu saat mendaftar penerimaan CPNS 2017. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply