YLBHI Dikepung Tuduhan Gelar Acara PKI #DaruratDemokrasi Teratas di Twitter

0
Y CumaBerita.com, Jakarta. Aksi unjuk rasa dipicu acara Seminar Sejarah 1965 yang digelar di LBH, Sabtu, 16 September 2017. Mereka menuding seminar itu untuk membangkitkan lagi PKI. Polisi sebelumnya melarang seminar itu. Pengunjuk rasa menduga acara seni AsikAsikAksi itu merupakan kelanjutan seminar Sejarah 1965, sehingga mereka menuntut dibubarkan.

Warga yang terkepung di Gedung LBH Jakarta, karena ada unjuk rasa di luar gedung akhirnya dievakuasi ke Polda Metro Jaya, Senin dini hari, 18 September 2017. Sebanyak 86 orang panitia, pengisi dan tamu acara pentas seni AsikAsikAksi, dievakuasi melalui Jalan Mendut di samping gedung. Artis Melani Subono, yang sebelumnya ikut mengisi acara, terlihat di antara warga yang akan dievakuasi.

Evakuasi dilakukan mulai pukul 2.30, menyusul serangan pengunjuk rasa ke Gedung LBH. Seratusan demonstran itu mulai melempari gedung tempat puluhan warga dan wartawan terkurung. Polisi lalu menghalau demonstran dengan gas air mata, meski mereka sempat melempari aparat dengan batu.

Tanda pagar #DaruratDemokrasi menjadi trending topic atau topik teratas di Twitter Indonesia, Senin 18 September 2017. Warganet di lini masa Twitter ramai memperbincangkan aksi pengepungan Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, yang berlangsung pada Minggu 17 September 2017 sekitar pukul 21.00 WIB hingga Senin dini hari.

Baca Juga: Foto Profil Samuel Johnson Yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Pengepungan itu pertama kali dilaporkan oleh akun Twitter @LBH_Jakarta, pada Minggu malam pukul 22.13 WIB. Namun bentrokan antara aparat keamanan dengan massa yang mengepung kantor Yayasan Lembaga Bantuam Hukum Indonesia ( YLBHI), di Menteng, Jakarta Pusat berangsur reda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply