Dunia Sorot Potensi Gunung Agung Meletus Rilis Travel Advice

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Otoritas daerah dan badan tanggap bencana telah mengimbau agar seluruh individu yang berada dalam radius 12 Km untuk menjauh dari Gunung Agung yang pernah meletus dan menewaskan 1.000 orang pada 1963 itu. Potensi meletusnya Gunung Agung di Bali semakin di depan mata.

Pemerintah RI telah menetapkan status Level IV atau tertinggi, menandakan erupsi kemungkinan besar akan terjadi. Terkait peristiwa itu, pemerintah sejumlah negara berbondong menetapkan travel advice. Apalagi mengingat, Bali merupakan salah satu destinasi wisata populer bagi wisatawan mancanegara. Salah satunya Inggris. Pada 22 September 2017, Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menetapkan travel advice bagi para warga negaranya, terkhusus yang berada dekat dengan Gunung Agung.

Ribuan turis Australia yang berencana mengunjungi Bali menghadapi situasi sulit. Pasalnya, perjalanan mereka terancam batal usai Kementerian Luar Negeri Australia mengeluarkan travel warning. Kebijakan itu dikeluarkan setelah status Gunung Agung meningkat dari siaga menjadi awas pada Jumat 22 September 2017.

Dikutip dari The Australian pada Minggu 24 September 2017, travel warning itu dikeluarkan pada Sabtu 23 September 2017. Sementara itu, dalam artikel berita media Singapura, Strait Times yang berjudul Travel alert on possible eruption of Bali volcano, pemerintah negara tersebut mengimbau agar warga Singapura menghindari kawasan Gunung Agung di Bali, Indonesia.

Baca Juga: Marc Marquez Juara MotoGP Aragon 2017 Duo Honda Finish 1-2!

Setelah status awas (tingkatan tertinggi) ditetapkan, yang berarti potensi erupsi semakin besar. Gubernur Bali Made Mangku Pastika menginstruksikan kepada semua instansi dinas Provinsi Bali untuk memberikan bantuan pada pos-pos yang telah ditentukan dan telah dilaksanakan mulai hari ini. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply