Inilah Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Muharram

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Kata Muharram secara bahasa, berarti diharamkan. Abu ‘Amr ibn Al ‘Alaa berkata, dinamakan bulan Muharram karena peperangan (jihad) diharamkan pada bulan tersebut. Jika saja jihad yang disyariatkan lalu hukumnya menjadi terlarang pada bulan tersebut maka hal ini bermakna perbuatan yang secara asal telah dilarang oleh Allah Ta’ala memiliki penekanan pengharaman untuk lebih dihindari secara khusus pada bulan ini.

Pada bulan ini Allah melarang umatnya untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang-Nya. Seperti misalnya berperang, seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang kuraisy sebelum datangnya agama Islam. Sebagaimana telah disebutkan di atas dari perkataan Qatadah rahimahulloh bahwa amalan sholeh dilipatgandakan pahalanya di bulan-bulan haram.

Dengan demikian secara umum segala jenis kebaikan dianjurkan untuk diperbanyak dan ditingkatkan kualitasnya di bulan Muharram. Kedua belas bulan yang ada adalah makhluk ciptaan Allah, akan tetapi bulan Muharram meraih keistimewaan khusus karena hanya bulan inilah yang disebut sebagai syahrullah (Bulan Allah).

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Jadi dengan datangnya bulan Muharram berarti berganti pula tahun hijriyah. Bulan Muharram diyakini sebagai bulan mulia dan menjadi waktu yang sangat baik untuk meningkatkan amal kebaikan.

Baca Juga: Sosok Fredy Candra Murid Gila Bawa 65 Gurunya Plesir ke Luar Negeri

Maka pada bulan Muharram, sebagai umat Islam disunnahkan untuk berpuasa. Yaitu puasa Tasa’u pada tanggal 9 Muharram dan puasa Asyura’a pada tanggal 10 Muharram. Dalam kalender nasional, 9 Muharram jatuh pada hari Jum’at 29 September 2017. Sedangkan 10 Muharram jatuh pada hari Sabtu 30 September 2017. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply