Kini Taksi Online Wajib Pasang Stiker Identitas

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Rencananya Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah berupaya menertibkan taksi online dengan menerapkan peraturan bahwa mereka harus menggunakan stiker khusus. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengatakan, pemasangan stiker khusus dibuat untuk mengawasi operasional taksi online.

Stiker itu juga akan membedakan kendaraan pribadi dengan taksi online. Selama ini taksi online memang dianggap tak punya identitas di tubuh kendaraannya. Padahal untuk ojek online, identitas mereka sebagai kendaraan umum terlihat jelas. Stiker akan disertai cip khusus untuk memonitor taksi online.

Selain stiker, pemerintah juga mewajibkan taksi online agar memakai pelat nomor uji berkala. Saat ini, menurut catatan pemerintah, ada 13.828 unit taksi online yang beredar dan mesti diawasi di Jakarta. Adapun identitas pada kendaraan taksi online, ditunjukkan dalam bentuk stiker yang harus ditempelkan pada sejumlah bagian kendaraan.

Hal tersebut tertuang dalam aturan baru hasil revisi Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek alias taksi online. Sebelumnya, Pengamat transportasi mengatakan, pemerintah Indonesia seharusnya mencontoh negara lain yang mampu mengatur kehadiran taksi online.

Baca Juga: Foto Cantik Shamma Al Mazrui 23 Tahun Jadi Menteri Menteri Termuda di Dunia

Seperti Rusia misalnya, pemerintahnya bisa mendorong perusahaan teknologi aplikasi mengikuti kebijakan yang ada, seperti penetapan batas tarif, pajak hingga uji kir. Bahkan nama aplikasi diharuskan tertera dalam kendaraan taksi online. Dengan kata lain, mobil yang digunakan untuk taksi online memiliki identitas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply