Indonesia Kirim Nota Diplomatik Panglima TNI Ditolak Masuk AS

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Kabar mengejutkan datang saat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat pada Sabtu 21 Oktober 2017. Kabar penolakan ini sebelumnya telah disampaikan Emirates, maskapai penerbangan yang sedianya akan membawa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Istrinya ke Amerika Serikat.

Gatot seharusnya menumpang pesawat Emirates EK 0357 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama istrinya dijadwalkan pergi ke AS demi memenuhi undangan dari Panglima Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph F Durford, Jr. untuk menghadiri acara konferensi bernama Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations ( VEOs) di Washington pada 23-24 Oktober 2017.

Berdasarkan keterangan yang didapat, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama sejumlah delegasi asal Indonesia rencanya bertolak ke Washington pada 21 Oktober sekitar pukul 17.00 WIB. Sejumlah administrasi dan kelengkapan visa pun dilaporkan telah dipenuhi Gatot bersama sejumlah delegasi Indonesia lainnya.

Namun, beberapa saat sebelum keberangkatan, Badan perlindungan perbatasan dan bea cukai AS mengeluarkan pemberitahuan bahwa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan istrinya tidak diperkenankan memasuki wilayah AS. Atas kejadian itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah melapor kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menko Polhukam Wiranto.

Baca Juga: Foto Profil Ella Purnell Aktris Muda Yang Bikin Brad Pitt Jatuh Cinta

Gatot Nurmantyo juga dikabarkan telah mengirim surat kepada Joseph F Durford, Jr. Menyikapi hal itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, pemerintah Indonesia telah mengirimkan nota diplomatik untuk meminta klarifikasi kepada pemerintah Amerika Serikat. Menlu Retno juga telah berbicara dengan Duta Besar AS untuk segera memberikan klarifikasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply