Penyebab Robohnya Balok Penyangga Flyover Tol Pasuruan-Probolinggo

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pemegang Proyek Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) menyampaikan permintaan maaf atas ambruknya balok flyover Tol Pasuruan-Probolinggo yang terjadi pada Minggu 29 Oktober 2017 pagi. Peristiwa yang menewaskan satu pekerja bernama Heri itu terjadi di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Konstruksi jembatan untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) pada pembangunan Tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan roboh. Akibat kejadian itu satu pekerja meninggal dunia di lokasi kejadian akibat tertimpa girder (kontruksi jembatan). Kejadian itu terjadi saat pemasangan konstruksi beton pada girderjembatan dengan panjang 50,8 meter dan lebar 10-12 meter dengan ketebalan 80 cm itu tiba-tiba roboh.

Kejadian tersebut sontak mengundang warga untuk berduyun-duyun yang penasaran dengan dentuman suara yang sangat keras. Akibat kejadian ini, Heri, salah satu karyawan dari PT Waskita tewas tertimpa girder. Selain itu, juga terdapat dua korban luka berat, yakni Sugiono, sopir mekanik dari PT Waskita yang menderita luka patah pada kakinya dan Nurdin, karyawan PT Pancang Sakti dengan luka di punggung.

Usai mengevakuasi korban, saat ini kepolisian masih meyelidiki terjadinya insiden itu dengan memintai keterangan sejumlah saksi. Di antaranya, pengawas dari PT Waskita dan sejumlah pekerja yang berada di lokasi kejadian. Seluruh pengerjaan sudah dilakukan sesuai dengan SOP. Pemasangan tiga girder (balok di antara dua penyangga) sebelumnya itu tidak ada permasalahan, semuanya berjalan lancar.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda Presiden Jokowi Sulap Istana Bogor Jadi Tempat Nongkrong

Namun pada pemasangan yang terakhir ada sedikit kendala. sebelum terjatuh, girder ini sudah pada posisi bearing pad. Sebenarnya, posisi itu sudah mendekati selesai. Namun, sayangnya, saat hendak dilakukan pemasangan bracing (pengaku), girder keempat tiba-tiba goyang dan menyentuh girder lain. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply