Hari Ini Aturan Baru Taksi Online Berlaku!

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Pada rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman sebelumnya, Menteri Perhubungan mengatakan semua pihak telah menyetujui bahwa revisi PM 32 Tahun 2016 akan diberlakukan pada 1 April 2017. Mulai hari ini, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan resmi menerapkan regulasi baru taksi online, yang tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017.

Aturan ini merupakan hasil revisi dari PM 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Dalam prosesnya, aturan yang ditandatangi oleh Menteri Perhubungan telah melalui perjalanan yang cukup panjang. Di awal 2017, para pengemudi taksi konvensional melakukan demonstrasi dan menuntut pemerintah mengoreksi aturan soal taksi online.

Mereka merasa pendapatan mereka turun dan meminta pemerintah, salah satunya mengatur batas bawah tarif taksi berbasis aplikasi. Pemerintah kala itu merevisi Permenhub 32 Tahun 2016 dan menerapkan batas atas dan bawah tarif taksi online. Kementerian Perhubungan selaku regulator pun diberikan waktu selama 3 bulan lamanya hingga 1 November 2017, atau tepatnya hari ini, untuk bisa merevisi aturan PM 26 yang telah digugat.

Setelah melalui berbagai rumusan hingga meminta masukan kepada berbagai pihak, Kementerian Perhubungan akhirnya telah merampungkan revisi tersebut melalui PM 108/2017. Sedikitnya, ada 9 poin yang ditekankan dalam aturan baru tersebut.

Baca Juga: Foto Penampakan Tubuh Ikan yang Bikin Miris Jadi Viral

Antara lain argometer, tarif, wilayah operasi, kuota/perencanaan kebutuhan, persyaratan minimal 5 kendaraan, bukti kepemilikan kendaraan bermotor domisili tanda nomor kendaraan bermotor, sertifikat registrasi uji tipe (SRUT), dan peran aplikator. Tujuan diberlakukan Permenhub yakni untuk memberikan perlindungan kepada para sopir kendaraan berbasis online. Salah satunya dengan mengatur batasan tarif bawah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply