Anies Baswedan Menetapkan UMP Jakarta 2018 Sebesar Rp3.648.035

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menargetkan para buruh dapat menikmati fasilitas khusus untuk para buruh di Jakarta, yaitu bebas biaya bus Transjakarta, subsidi pangan berupa potongan harga di JakGrosir, dan bantuan pendidikan dengan meningkatkan penerimaan Kartu Jakarta Pintar.

Anies Baswedan menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk tahun 2018 sebesar Rp3.648.035, yang sesuai sesuai dengan usulan kenaikan 8,71 % dari Dewan Pengupahan DKI. Namun peningkatan itu tidak memenuhi tuntutan buruh sebesar Rp3,9 juta per bulan. Bagaimanapun di samping kenaikan UMP, Anies menjanjikan tiga Komponennya meningkatkan pemasukan dan menurunkan pengeluaran. UMP hanya salah satu instrumen, karena ada juga instrumen pengurangan biaya hidup.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut kenaikan UMP setinggi 8,71 % itu vital untuk menjaga stabilitas iklim usaha di Jakarta yang disebutnya tengah lesu. Sementara melalui tiga fasilitas khusus, Sandiaga mengklaim aspirasi buruh sebenarnya juga dapat terwujud. Ini keputusan terbaik untuk membantu kaum pekerja.

Sementara untuk dunia usaha, angka ini bisa diterima, mampu menggerakkan usaha dan menghindarkan potensi pemutusan hubungan kerja. Namun menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Bidang Ketenagakerjaan menyebut kenaikan UMP sebesar 8,71% dapat berdampak negatif bagi perusahaan di sektor padat karya yang bergantung pada tenaga kerja, termasuk industri ritel.

Baca Juga: Evan Dimas, Lionel Messi Indonesia Dengan 5 Fakta Menariknya

Selama 2017, sejumlah bisnis ritel di Jakarta gulung tikar, antara lain 7-Eleven, Matahari di Pasaraya Blok M, Lotus di Sarinah, dan Debenhams di Mal Senayan City. Di sisi lain, sebelumnya perwakilan buruh di Dewan Pengupahan DKI memaparkan dasar pengajuan usulan kenaikan UMP menjadi Rp3,9 juta. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply