Makna Filosofis Bleketepe di Balik Dekorasi Pernikahan Kahiyang

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Nama Bleketepe diambil dari Bale Katapi, yang artinya tempat di mana kotoran dipilah untuk kemudian dibuang. Wujudnya, bleketepe adalah daun kelapa yang masih hijau dan dipasang mengelilingi area pernikahan. Itu merupakan simbol dari penyucian lokasi. Pemasangan bleketepe bukan sekadar untuk dekorasi semata, ada makna filosofis yang terkandung di tiap-tiap hiasan tersebut.

Prosesi pemasangan bleketepe pada rangkaian pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, dilaksanakan pada Selasa 07 November 2017 pukul 08.00 WIB di kediaman pribadi Presiden Jokowi. Pemasangan bleketepe tersebut merupakan pertanda dimulainya hajatan RI 1 untuk menikahkan putri tunggalnya. Tak hanya prosesi pemasangan bleketepe saja yang mengandung makna filosofis, dekorasi pada acara tersebut juga mengandung makna khusus.

Ruangan yang digunakan dalam prosesi tersebut dihiasi dengan daun kelapa muda atau janur, pisang, dan daun alang-alang. Menurut pakar sejarah dan budaya Jawa, terdapat makna tertentu dalam dekorasi pada acara pemasangan bleketepe tersebut.

Janur itu bermakna sinar, sedangkan daun alang-alang itu menggambarkan rintangan, sebaliknya daun opo-opo itu harapan agar tidak terjadi apa-apa selama prosesi pernikahan dan kehidupan mendatang.

Baca Juga: Foto Cantik Pevita Pearce Selfie Bareng Gigi Hadid Netizen Gigit Jari!

Buah pisang yang digunakan dalam hiasan tersebut harus menggunakan pisang raja. Ini maknanya agar sang pengantin dianugerahi kemakmuran dan kemuliaan seperti para raja. Selain menyucikan lokasi, bleketepe juga bermakna tolak bala. Diharapkan, dengan adanya bleketepe itu, sepanjang upacara perkawinan berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Itu juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply