Empat Nama Pahlawan Nasional Baru Indonesia Ditetapkan Presiden Jokowi

0
E CumaBerita.com, Jakarta. Presiden Joko Widodo telah menetapkan empat tokoh nasional sebagai pahlawan nasional. Mereka adalah TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid tokoh asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Laksamana Malahayati (Keumalahayati) dari Aceh, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kepulauan Riau, dan Lafran Pane dari Yogyakarta.

Penetapan keempat tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional tertuang dalam Keputusan Presiden No 115/TK/tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan. Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial mengatakan ada syarat umum dan syarat khusus yang harus dipenuhi sebelum akhirnya tokoh tersebut diputuskan memperoleh gelar pahlawan nasional oleh Presiden.

TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid lahir di Nusa Tenggara Barat 19 April 1908 dan wafat pada 21 Oktober 1997. Beliau dipilih karena merupakan seorang nasionalis pejuang kemerdekaan, dai, ulama, dan tokoh pendidikan emansipatoris.

Gelar pahlawan nasional juga diberikan kepada Laksamana Malahayati yang merupakan tokoh pejuang asal Nanggroe Aceh Darussalam. Malahayati lahir pada tahun 1550, wafat pada 1615 dan dimakamkan di Krueng Raya, Aceh Besar. Malahayati adalah laksamana perempuan pertama dari Aceh.

Beliau membentuk pasukan Inong Balee yang berisi para janda prajurit Aceh yang mahir menembakkan meriam dan menunggang kuda. Sementara itu, Sultan Mahmud lahir di Sulu Sungai Riau Agustus 1760 silam dan wafat pada 12 Januari 1812. Pada rentang tahun 1782 hingga 1784, Sultan berhasil mengalahkan Belanda yang ingin menanamkan pengaruhnya di Riau dalam Perang Riau I.

Baca Juga: Foto Profil Helmi Penembak Istri Pernah Dipecat Karena Perkosa Karyawan

Kapal Komando Belanda Malaka’s Walvaren berhasil diledakkan. Tokoh terakhir yang diberikan gelar adalah Lafran Pane, asal Yogyakarta. Lafran Pane lahir di Sipirok 12 April 1923 dan wafat di Yogyakarta 24 Januari 1991. Lafran Pane menjadi salah satu tokoh utama penentang pergantian ideologi negara dari Pancasila menjadi komunisme. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply