Seperti Inilah Perayaan Hari Ibu di Seluruh Dunia

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Kasih sayang ibu tak pernah lekang oleh waktu. Perannya begitu besar bagi kehidupan. Hari Ibu merupakan sebuah peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam sebuah keluarga. Setiap negara di dunia memiliki tanggal khusus untuk memperingatinya. Di Indonesia sendiri hari ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember yang ditetapkan sebagai perayaan nasional. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakannya. Biasanya para ibu dibebas tugaskan dari kegaiatan rumah tangga mereka seperti memasak, merawat anak dan lainnya pada hari Ibu tersebut.

Berikut beberapa perayaan yang dilakukan oleh beberapa negara untuk memperingati Hari Ibu.

Prancis
Di Prancis hari ibu biasanya diperingati pada hari Minggu keempat di bulan Mei. Hampir mirip dengan Amerika, masyarakat Prancis akan merayakannya dengan kartu ucapan yang indah, karangan bunga dan makan malam keluarga.

Inggris
Perayaan Hari Ibu di Inggris akan diadakan pada hari minggu ke empat Prapaskah yang disebut dengan Mothering Sunday. Pada awal abad ke-20 para keluarga di sana akan berkumpul di gereja. Akan tetapi lama-kelamaan perayaan ini hanya dilakukan di rumah dengan memberikan hadiah kepada ibu mereka.

India
Perayaan hari ibu di negara ini masih terbilang baru. Hari ibu akan diperingati pada hari minggu kedua pada bulan Mei, di mana para ibu akan dihujani bunga yang indah, kartu ucapan dan hadiah.

Jepang
Pada awalnya, hari ibu di Jepang diselaraskan dengan hari ulang tahun permaisuri Koujun yang menjabat hampir sepanjang abad ke 20. Namun setelah itu, peringatan hari Ibu dipindahkan pada Minggu kedua di bulan Mei. Lebih dari 1.000 pria dewasa di Jepang akan merencanakan untuk memberikan sesuatu yang spesial kepada ibu mereka.

Rusia
Pada awalnya, hari ibu di negara ini di rayakan bertepatan pada Hari Perempuan Internasional yakni pada tanggal 8 Maret. Hari ibu dirayakan pada hari Minggu terakhir pada bulan November, di mana para keluarga akan menyiapkan kado-kado menarik untuk ibu mereka.

Baca Juga: Ironis! Ini Alasan Jonghyun SHINee Bunuh Diri

Thailand
Di Thailand, hari ibu akan diperingati pada tanggal 12 Agustus setiap tahunnya. Akan ada upacara dan parade meriah yang dilengkapi dengan rangkaian bunga melati sebagai hadiah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply