Tips Cara Asyik Melihat Gerhana Bulan Total

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Dalam keterangannya, Kamis 25 Januari 2018, LAPAN menuliskan, peristiwa gerhana tersebut cukup langka. Sebab, gerhana ini terjadi saat bulan berada dalam konfigurasi Supermoon dan Blue Moon. Gerhana Bulan total akan berlangsung pada 31 Januari 2018. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, atau LAPAN mengajak masyarakat untuk menyaksikan dan mengamati momen langka tersebut.

Blue moon adalah penamaan untuk bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender. Bulan purnama pertama pada Januari 2018, terjadi pada 2 Januari 2018. Konfigurasi Blue Moon, Supermoon, dan gerhana bulan yang terjadi pada waktu bersamaan terakhir diamati pada 31 Maret 1866, atau 152 tahun silam. Fenomena yang berlangsung pada tanggal 31 Januari 2018 diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial lagi, dan Bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan Bumi.

Tidak seperti gerhana Matahari yang hanya bisa diamati di daerah yang sangat terbatas, gerhana Bulan ini bisa diamati dari sebagian besar permukaan Bumi, yaitu dari daerah Amerika Utara, Samudera Pasifik, Siberia Timur dan Asia. Namun, gerhana ini tidak akan kelihatan dari sebagian besar Amerika Selatan dan Afrika.

Baca Juga: Inilah Fakta Menarik Barcelona Vs Espanyol di Copa del Rey 2018

Proses gerhana Bulan ini terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap gerhana parsial, gerhana total, dan gerhana parsial. Proses gerhana berlangsung sekitar empat jam. Fenomena yang berlangsung pada tanggal 31 Januari 2018 diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial lagi, dan bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan bumi. Durasi totalitas akan terjadi selama 1 jam 16 menit mulai dari pukul 19.52 sampai 21.08 (dalam WIB). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply