Persyaratan Program Wajib Bela Negara & Wajib Militer Pemerintah Indonesia

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Kabar mengejutkan datang dari Kementerian Pertahanan dengan mewajibkan warga Indonesia dari tingkat TK sampai umur 50 tahun ikut Bela Negara. Dasar hukum dari program ini adalah UUD 1945 Pasal 27 dan UU Pertahanan No 3 tahun 2002. Bahwa setiap orang punya hak dan kewajiban bela negara. Wajib militer sudah lama coba diundangkan.

RUU Wajib Militer atau dalam bahasa Kementerian Pertahanan disebut RUU komponen cadangan sudah disepakati masuk dalam Proglegnas 2013. Nantinya bila RUU komponen tentara cadangan disahkan hampir setiap warga negara wajib menjadi komponen tentara cadangan. Dalam pasal 8 dan 9 disebut Pegawai Negeri Sipil dan warga negara yang sudah berumur 18 tahun.

Selain mereka, mantan prajurit TNI juga wajib menjadi komponen cadangan pertahanan negara. RUU ini sudah ada sejak tahun 2002 di gedung dewan dan banyak kalangan menentang. RUU menyebut setiap warga wajib bagi yang sudah berumur 18 tahun. Pasal 38 RUU memang menyebut hukuman maksimal penjara satu tahun bila menolak atau melakukan tipu muslihat.

Baca Juga: Foto Pebasket Wijaya Saputra (@saputrawijaya) Pacar Agnez MO Monica di Instagram

Namun terdapat satu kelemahan RUU Komcad yang bersifat diskriminatif. Pada pasal 8 ayat (1) dan (2) yang mengatur syarat siapa yang wajib mendapat pelatihan militer, artis atau pengusaha tidak kena wajib militer. Kementerian Pertahanan membantah program bela negara merupakan bentuk lain dari wajib militer. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply