Gunung Sinabung Meletus, Wilayah Dairi dan Pakpak Barat Tertutup Kabut Tebal

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Letusan Gunung Sinabung dengan tinggi kolom 5.000 meter dengan jarak luncur 500 sampai 2.000 meter mengarah ke tenggara dan selatan sampai juga ke Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Warga Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi mengatakan, debu Sinabung sampai membuat kota penghasil kopi ini tertutup kabut tebal sejak pagi. Di Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara, seorang petani kopi juga merasakan dampak erupsi Gunung Sinabung.

Saat dikonfirmasi ketika sedang berada di ladangnya mengatakan, situasi saat ini gelap dan berawan hitam tebal. Dia merasa heran karena saat ini di Pakpak Barat sedang dilanda musim kemarau, seharusnya cuaca cenderung cerah tanpa kabut, tetapi kali ini tidak. Meski tidak mengganggu jarak pandang, tetapi dalam jarak tiga kilometer sudah ditutupi kabut. Pada Senin pagi, gunung api Sinabung setinggi 2.460 mdpl yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, erupsi dengan semburan awan panas letusan gunung api Sinabung dengan tinggi kolom 5.000 meter dengan amplitudo 120 milimeter dan lama gempa 607 detik.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung mengatakan, jarak luncur sektoral selatan-tenggara sejauh 4.900 meter dan sektoral tenggara-timur sejauh 3.500 meter. Angin lemah ke barat dan selatan. Tingkat aktivitas Gunung Sinabung masih di Level IV atau Awas. Gunung Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi ke 2 di provinsi itu.

Baca Juga: Alasan dan Ulasan Film Black Panther Tak Mengecewakan dari Netizen

Ketinggian gunung ini adalah 2.451 meter. Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada tahun 2010. Letusan terakhir gunung ini terjadi sejak September 2013 dan berlangsung hingga kini. Pada tanggal 21 Mei 2016 pukul 16:48 WIB, Gunung Sinabung kembali meletus dengan mengeluarkan awan panas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply