Foto Kerusuhan Bentrok Gereja Dibakar di Aceh Singkil

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Kerusuhan dan pembakaran rumah ibadah menyebabkan ribuan jemaat Kristiani asal Aceh Singkil mengungsi. Warga di pengungsian mengaku takut untuk kembali ke rumah sebelum ada jaminan keamanan dari penegak hukum. Kerusuhan terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh pada hari Selasa 13 Oktober 2015. Sekelompok massa dengan membawa senjata tajam mendatangi salah satu rumah ibadah dan melakukan pembakaran.

Aparat keamanan dilaporkan kesulitan mengatasi aksi massa. Satu orang warga tewas sedangkan beberapa lainnya terluka. Di antara ketujuh orang yang terluka, enam adalah warga, sedangkan satu lainnya merupakan prajurit TNI. Seluruh korban telah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat. Hal senada dirasakan Pendeta Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Gunung Meria yang ikut mengungsi.

Menurutnya, kondisi di sekitar lokasi pembakaran gereja masih mencekam sehingga dia takut keselamatannya terancam. Saat ini 80 persen jemaat Kristiani Aceh Singkil sudah mengungsi. Di lokasi tempat mengungsi saja ada sekitar 2.000 pengungsi dan semuanya masih membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Foto Pernikahan Sesama Jenis di Boyolali Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh telah menggelar pertemuan rekonsiliasi antar pemuka agama. Pertemuan tersebut akan diikuti oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Badrodin Haiti. Pendirian bangunan rumah ibadah yang tidak memiliki izin dituding menjadi penyebab terjadinya konflik agama di masyarakat. Seperti yang terjadi saat warga membakar gereja di Aceh Singkil, Provinsi Aceh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply