Stephen Hawking Meninggal Dunia, Wariskan Teori Segala Hal pada Dunia

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Kabar duka datang dari Stephen Hawking, ahli fisika dan kosmologi yang meninggal dunia di usia 76 tahun di kediamannya, Inggris pada hari Rabu 14 Maret 2018 dini hari. Pada 2016 Pride of Britain Awards, Stephen Hawking menerima penghargaan prestasi seumur hidup atas kontribusinya terhadap sains dan budaya Inggris.

Setelah menerima penghargaan dari Perdana Menteri Theresa May, Hawking bercanda meminta agar dia tidak mencari pertolongannya dengan Brexit. Didiagnosa menderita penyakit saraf motorik, ALS pada 1963 saat berusia 21 tahun, Stephen Hawking justru membuktikan dirinya masih bisa berkreasi. Beberapa temuan dan tulisan ilmiahnya, termasuk teori black hole dan relativitas mendapat pujian dan bermanfaat bagi dunia. Tak mengherankan ia mendapatkan sejumlah penghargaan prestisius sepanjang hidupnya. Tidak hanya dari negeri asalnya Inggris, tapi juga Amerika Serikat, dan negara lainnya.

Di antara penghargaan bergengsi tersebut, Stephen Hawking menerima Albert Einstein award, menerima Order of the British Empire dari Ratu Elizabeth II, dan Presidential Medal of Freedom dari Presiden AS Barack Obama. Stephen Hawking terpilih sebagai yang termuda masuk dalam daftar Fellow of the Royal Society (FRS) pada 1974, berkat kontribusinya yang besar akan teori relativitas.

Pada 1982, Stephen Hawking diangkat menjadi Order of the British Empire (CBE) oleh sang Ratu. Tiga tahun setelahnya, ia diberi Medali Emas Royal Astronomical Society (RAS), penghargaan tertinggi yang diberikan oleh RAS. Pada 1987, Stephen Hawking dianugerahi Medali Diras Paul oleh Institute of Physics atas kontribusinya yang luar biasa terhadap fisika teoritis.

Baca Juga: Video Highlights Manchester United vs Sevilla 1-2, Hasil Liga Champion 2018

Setahun berikutnya, ia dan rekannya Penrose diberi Hadiah Wolf, penghargaan internasional bergengsi yang diberikan di Israel. Di luar beragam penghargaan itu, Hawking juga disebut menempati peringkat sebagai salah satu dari 100 warga Inggris Terbesar dalam jajak pendapat BBC London. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply