Inilah Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Terjual Rp2,3 Miliar

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Steve Jobs meninggal pada 2011 setelah tujuh tahun berjuang melawan kanker pankreas. Dua memorabilia kecil Steve Jobs lainnya juga terjual di rumah lelang itu. Buku panduan manual Mac OS X dan kliping bertanda tangan Steve Jobs masing-masing terjual USD41 dan USD26.000. Surat lamaran kerja pendiri Apple, Steve Jobs terjual lebih dari USD174.000 atau setara Rp2,3 miliar di rumah lelang.

Angka itu diungkapkan rumah lelang RR Auction belum lama ini. Pemenang lelang merupakan wirausahawan internet asal Inggris. RR Auction awalnya hanya memperhitungkan nilai surat itu sekitar USD50.000. Namun, selama lelang berlangsung, banyak penawar yang tak mau kalah bersaing dan memberikan harga lebih tinggi hingga akhirnya terjual mencapai USD174.757.

Surat lamaran Steve Jobs yang kali ini dilelang disebut memiliki nilai sejarah, terutama bagi para pegiat bisnis teknologi internet. Surat tersebut menunjukkan perjuangan Steve Jobs dalam mencari pekerjaan dan kondisinya pada masa lalu. Selembar kertas itu tertulis pada 1973. Dari isinya, tidak diketahui pekerjaan apa yang dilamar Steve Jobs yang saat itu berusia 18 tahun. Namun, Steve Jobs mengisi bidang studi dengan kelas bahasa Inggris dari Reed College, meski dropped out.

Steve Jobs menggambarkan dirinya ahli merancang dalam bidang komputer dan kalkulator. Pada 1970-an, kemampuan tersebut terbilang istimewa mengingat tidak banyak orang yang memahami komputer, apalagi saat memasuki tingkat rancangan. Steve Jobs juga menambahkan informasi memiliki surat izin mengemudi, tapi tidak memiliki telepon.

Baca Juga: Sosok Guillermo Haro, Astronom Meksiko yang Temukan Gelombang Kejut Google Doodle

Mungkin karena itu Steve Jobs merancang iPhone. Setahun dari surat lamaran itu, Steve Jobs dikisahkan mendapat pekerjaan di Atari yang baru berdiri dua tahun di industri video games. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple. Menurut Wozniak, Steve Jobs tidak pernah melakukan coding. Sahabatnya, Daniel Kottke, juga mengatakan Steve Jobs merupakan ahli pemasaran, bukan inovator. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply