Daftar Merek Sarden Kalengan Ini Diduga Mengandung Cacing

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Keberadaan cacing dalam sarden tersebut akibat pengemasan yang tidak higienis. Pada dasarnya kata dia, cacing tersebut sebenarnya sudah ada dalam perut ikan makarel. Namun cacing akan mati saat proses sterilisasi pengalengan. Kabar bahwa beberapa merek sarden kalengan ternyata mengandung sejenis cacing, membuat pihak terkait sigap menyelidikan fakta di lapangan.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru pun mengungkap uji lab bahwa benar ada sejenis cacing yang ditemukan pada beberapa sampel sarden impor yang beredar di Riau. Ada tiga merek ikan makarel kaleng yang terbukti mengandung cacing beredar di sejumlah wilayah Riau yakni Farmerjack, Hoki dan IO yang diduga berasal dari Singapura. Balai POM mengimbau kepada masyararakat di Riau segera melaporkan kepada Balai POM bila masih menemukan produk itu di pasaran.

Ikan sarden yang mengandung cacing itu dapat membawa dampak buruk bila dikonsumsi. Terlebih bagi masyarakat yang memiliki riwayat alergi dan asma. Balai POM mengaku sejauh ini belum ditemukan adanya tiga produk tersebut di Pekanbaru.

Masyarakat tidak perlu panik dengan informasi yang beredar. Informasi sarden mengandung cacing itu berawal dari temuan masyarakat di Tembilahan, Indragiri Hilir, pada Kamis pekan lalu. Tidak lama setelah itu, masyarakat Selatpanjang, Kepulauan Meranti juga menemukan adanya cacing dalam ikan kaleng tersebut.

Baca Juga: Foto Cantiknya Dilraba Dilmurat yang Bikin Alexandre Pato Jatuh Hati

Jenis cacing yang ditemukan di dalam kaleng sarden tersebut bukan cacing pita seperti yang disebut dalam jejaring sosial. Jenis cacing Anisakis sp adalah parasit yang hidup di ikan, namun jika dikonsumsi oleh manusia tanpa sengaja maka ia juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Seseorang yang memiliki alergi bisa mengalami gatal-gatal di kulit jika tak sengaja mengonsumsinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply