Indonesia Bubar 2030 Pidato Prabowo Hanya Diambil dari Novel

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Cuplikan pidato Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang dirilis melalui akun Facebook resmi partainya menjadi bahan perbincangan. Terutama saat Indonesia menjalani tahun politik: pilkada serentak 2018 dan jelang pemilu 2019. Mengenakan baju putih dan songkok, Prabowo tampak berapi-api ketika menyampaikan pidato. Kedua tangannya senantiasa bergerak memberikan tekanan terhadap apa yang dia ucapkan.

Prabowo pun beberapa kali menunjukkan tangannya ke arah bendera serta kader Gerindra di ruang pertemuan yang besar. Pemerintah Presiden Joko Widodo menyatakan sudah mencanangkan program Indonesia emas pada 2045, ketika usia negara ini mencapai 100 tahun. Dalam kesempatan terpisah, Wakil Presiden Presiden Jusuf Kalla sempat tertawa ketika dimintai komentar oleh para wartawan. Di era pemerintahannya, Presiden Jokowi secara reguler membagikan sertifikat tanah kepada kelompok masyarakat di berbagai daerah.

Menurutnya, sertifikat vital bagi masyarakat, terutama yang tengah bersengketa lahan, baik antar warga maupun dengan perusahaan atau pemerintah. Pembagian ribuan sertifikat itu merupakan salah satu upaya Jokowi menurunkan ketimpangan penguasaan lahan. Namun program itu tak cukup untuk menuntaskan persoalan tersebut. Dampak pembagian sertifikat tanah itu pun tidak instan.

Dalam pidatonya di depan kader Partai Gerindra, Prabowo Subianto tidak secara spesifik menyebut nama negara atau kajian yang menyatakan Indonesia bubar tahun 2030. Akan tetapi, dalam sebuah seminar di Universitas Indonesia pada 18 September 2017, Prabowo menunjukkan tiga buku, salah satunya berjudul Ghost Fleet, karangan August Cole dan P. W. Singer.

Baca Juga: Daftar Merek Sarden Kalengan Ini Diduga Mengandung Cacing

Ghost Fleet memang menjadi rujukan Prabowo, tapi menegaskan novel fiksi itu bukan satu-satunya referensi. Prabowo sudah beberapa kali mengeluarkan peringatan serupa di hadapan kader Gerindra. Namun mengapa cuplikan pidato sang ketua umum yang diambil dari konferensi dan temu kader nasional Gerindra pada Oktober 2017 tersebut baru diunggah ke Facebook belakangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply