Harga BBM Pertamax dan Solar Resmi Turun pada 15 Oktober 2015

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Setelah sekian lama ditunggu akhirnya harga BBM Pertamax turun mulai hari Kamis 15 Oktober 2015. Pertamina resmi menurunkan harga bahan bakar minyak jenis solar dan pertamax secara nasional. Untuk harga solar, Pertamina menurunkan harga hingga Rp 200. Sehingga harga solar yang selama ini dipatok Rp 6.900 turun menjadi Rp 6.700. Jika sebelumnya Pertamina mematok harga Pertamax sebesar Rp 9.000 maka saat ini terjadi penurunan hingga mencapai angka Rp 8.850.

Terbuka pula kemungkinan pada awal November 2015 harga Pertamax diturunkan lagi. Turunnya harga BBM jenis Pertamax ini tidak terlepas dari perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Menguatnya Rupiah yang meninggalkan level Rp 14.000 membuat Pertamina menghidupkan opsi penurunan harga. Dipastikan pula bahwa penurunan harga ini berlaku untuk semua produk Pertamax series.

Dengan demikian Pertamax Plus dan Pertamina Dex juga mengalami penurunan. Angkanya sedikit berbeda dengan Pertamax yang turun Rp 150 dari harga sebelumnya. Jika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin stabil dan membaik, masih ada peluang Pertamina menurunkan harga lagi pada 1 November 2015.

Baca Juga: Video Sinopsis The Walking Dead Season 6 TWD Serial Terbaru

Hal ini tidak terlepas dari jadwal evaluasi perubahan harga yang dilakukan pada tiap awal bulan dan pertengahan bulan. Awal bulan Oktober 2015, Pertamina menurunkan harga Pertamax sebesar Rp 250 per liter. Dengan demikian dalam rentang setengah bulan ada penurunan sejumlah Rp 450 per liter. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply