Pendaftaran SBMPTN 2018, Cara Pengisian Form Peserta Reguler

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Sejak hari Kamis, 5 April hingga 27 April 2018 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPT) telah dibuka secara online dan menyediakan 7.487 kursi di empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam Panitia Lokal 30 Jakarta. Pendaftaran online ini terbuka bagi peserta reguler dan Bidikmisi yang tidak mengikuti seleksi SNMPTN 2018. Panitia membuka dua jalur pendaftaran online yakni untuk peserta reguler dan Bidikmisi non SNMPTN 2018. Cara pendaftaran online SBMPTN 2018 untuk peserta reguler pada Menu A sebagai berikut.

Peserta mengakses halaman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id Panitia menyarankan kepada peserta untuk menggunakan browser Mozila Firefox saat mengakses halaman tersebut. Masuk “Halaman Untuk Memperoleh KAP dan PIN SBMPTN 2018”. Jika proses sudah selesai dan data yang diisikan benar, maka klik “Daftar”. Setelah klik daftar Anda masuk ke laman “Pendaftaran SBMPTN”. Klik “cetak” untuk mencetak slip pembayaran. Pastikan komputer Anda terhubung dengan printer sebelum melakukan proses cetak slip pembayaran. Klik kanan “Slip Pembayaran Seleksi SBMPTN 2018” lalu simpan. Pastikan Anda ingat folder tempat menyimpan file tersebut untuk memudahkan bila terjadi hal tidak diinginkan.

Pastikan lembar hasil cetakan. Pada lembar tersebut terdapat informasi “KODE PEMBAYARAN” dan batas waktu pembayaran di bank. Batas waktu pembayaran umumnya berlaku 3 x 24 jam sejak melakukan cetak slip pembayaran. Pastikan juga nama dan tanggal lahir sudah benar. Proses Selanjutnya Anda masuk ke pengisian Borang Biodata Biodata. Anda masuk pilihan Program Studi dan Tempat Ujian.

Ketentuan, Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

Baca Juga: Arsenal Sudah Separuh Jalan Menuju Semifinal Liga Europa 2018

Jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN mana pun. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply