Foto Pasangan Siswa SMP Bantaeng Resmi Menikah

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Sejak rencana pernikahan dini dengan Syamsuddin (16) jadi cibiran publik, hampir setiap hari Fitrah didatangi orang yang penasaran dan ingin menggali ceritanya. Fitrah Ayu (14) terpaksa harus pindah ke rumah kerabat untuk menghindari wartawan dan orang asing yang mendatangi kediamannya di Kelurahan Letta, Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Fitrah bertanya-tanya, apa yang salah dengan rencana pernikahannya. Padahal menurutnya banyak yang melakukan hal serupa di usia remaja. Raut wajahnya berubah kesal saat membaca sebuah pemberitaan. Bantaeng adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki garis pantai yang cantik dan berada di kaki pegunungan Lompobattang. Fitrah tinggal di jalan sungai Cilandu, wilayah pesisir. Sementara Syamsuddin di Bonto Tiro. Dua remaja ini bertemu di Pantai Seruni, beberapa bulan lalu.

Setelah berpacaran sekitar lima bulan, Syamsuddin mengajak Fitrah berkunjung ke rumahnya. Ibunya suka pada kekasih Syamsuddin. Singkat cerita niatan Fitrah menikah mendapat lampu hijau. Tahap pertama, pihak keluarga laki-laki datang menanyakan kesediaan. Lalu tahap selanjutnya dilakukan prosesi lamaran. Rencana pernikahan dini Fitrah dan Syamsuddin menuai pro dan kontra di masyarakat hingga pemerintah pusat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan Kementerian Sosial meminta agar pernikahan yang menurut mereka melanggar UU pernikahan itu harus ditunda. Kini, keduanya akan resmi diikat secara suci dan sah secara agama lewat akad nikah. Mahkamah Agung (MA) mengakui putusan dispensasi yang dikeluarkan Pengadilam Agama sulit digugat.

Kini pasangan remaja siswa SMP Bantaeng, Syamsuddin (15) dan Fitra Ayu (14) resmi menikah dan menjadi suami istri di hadapan penghulu Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin 23 April 2018. Pernikahan dini dua anak yang menjadi sorotan nasional itu berlangsung di rumah keluarga Fitrah yang berada di Jalan Sungai Calendu.

Baca Juga: Video Highlights Barcelona vs Sevilla 5-0 Hasil Final Copa del Rey 2018, Pesta Juara!

Adapun yang menikahkan mereka adalah penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamaan Bantaeng. Acara akad nikah Syamsuddin-Fitra itu berlangsung sederhana, dan dihadiri setidaknya 16 orang. Selain kerabat kedua mempelai, juga tampak pegawai kelurahan setempat, serta perwakilan koalisi perempuan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply