Video Bocah Yatim Piatu Dihukum Mandi Oli Bekas di Yogyakarta

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Berawal saat seorang bocah laki-laki dihukum mandi oli bekas viral di media sosial. Bocah itu sengaja dihukum untuk memberikan efek jera juga untuk meredam emosi warga. Bocah itu disuruh menyiram oli bekas ke kepalanya sendiri karena dituduh mencuri pedal persneling motor di sebuah bengkel yang berada di Dusun Sangurejo, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman. Ternyata, bocah itu merupakan anak yatim piatu.

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY akan menindaklanjuti kasus anak di bawah umur dihukum mandi oli bekas di Sleman. Rencananya ORI Perwakilan DIY akan mulai bergerak hari ini. Meski pelaku sudah meminta maaf dan berniat membiayai sekolah korban, namun bukan berarti kasus tersebut selesai. Oleh karenanya, pihaknya akan meminta penjelasan lebih lanjut ke kepolisian. Langkah penindakan dan pencegahan apa yang sudah dilakukan (kepolisian) sebagai bentuk kewajiban memberikan pelayanan penegakan hukum kepada masyarakat.

Berdasarkan hukum positif yang diterapkan di Indonesia permintaan maaf pelaku tidak secara otomatis menggugurkan kewajibannya. Namun, pelaku tetap harus bertanggungjawab di depan hukum. Meskipun permintaan maaf tentu saja dapat menjadi faktor yang meringankan, bahkan bisa menjadi faktor pertimbangan untuk pendekatan restorative justice.

Bocah laki-laki yang dihukum mandi oli bekas karena dituduh mencuri onderdil motor akhirnya mendatangi Mapolres Sleman. Didampingi wali anak dan perwakilan karang taruna, bocah itu datang untuk dimintai keterangan petugas Unit Perlindungan Perempuan dan Anak. Raut wajah bocah pelajar kelas 2 SMP ini terlihat polos seperti anak-anak seusianya.

Baca Juga: Andres Iniesta Ucapkan Perpisahan Dengan Barcelona Sambil Menangis

Memakai kemeja dan celana panjang, dia datang bersama walinya, Sunardi (40) yang tak lain merupakan paman bocah tersebut dan dua orang perwakilan Karang Taruna Banyeman. Dari sisi kesehatannya setelah mandi oli, Sunardi mengaku keponakannya tidak mengeluh sakit. Tim dari Polres Sleman telah melakukan pemeriksaan awal terhadap kondisi kesehatan sang bocah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply