Hasil Pengumuman Kelulusan SMA 2018 Hanya Dipublikasikan Sekolah

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Tahun 2018 pelaksanaan UN telah diikuti oleh 8,1 juta peserta untuk tingkat SMP dan SMA. Sebanyak 1.485.302 SMK dan 1.983.568 SMA telah melaksanakan UN. Pelaksanaan peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pun mengalami peningkatan hingga 166% dibanding tahun lalu.

Tahun ini 6.293.552 siswa mengikuti UNBK dibanding angka tahun lalu 3.782.453 siswa. Berdasarkan unggahan Kemendikbud di Instagram, hasil UN pun tidak akan diumumkan secara online. Panitia Pusat (Kemendikbud dan Badan Standar Nasional Pendidikan) tidak menyediakan pengumuman hasil UN secara daring (online). Jadi, hasil pengumuman UN peserta didik akan diedarkan melalui sekolah masing-masing, bukan melalui online layaknya kabar yang beredar belakangan ini.

Hari Rabu 2 Mei 2018 selain diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional, juga merupakan hari bersejarah bagi para siswa SMA yang duduk di kelas 12. Melalui akun Instagram resmi Kemendikbud, Selasa 1 Mei 2018, menyatakan bahwa pengumuman hasil UN SMA/SMK/Sederajat akan dilakukan pada 2 Mei 2018.

Sedangkan hasil UN SMP/Sederajat tanggal 23 Mei 2018. Menurut Kemendikbud, hasil UN tingkat SMA/SMK sederajat telah diserahkan oleh panitia pusat ke Dinas Pendidikan Provinsi pada 30 April 2018 lalu pukul 16.00 WIB, di Jakarta. Alur pengumuman sendiri, dimulai dari panitia pusat hasil UN kepada Dinas Pendidikan Provinsi.

Kemudian, dari Dinas Pendidikan Provinsi, hasil UN disebarkan ke setiap kota atau kabupaten melalu Cabang Dinas atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Dari MKKS ini baru pihak sekolah akan menyerahkannya pada siswa secara langsung. Pengumuman kelulusan SMA dan SMK 2018 tidak dipublikasikan di internet atau sistem online.

Baca Juga: Foto Pelaku Kasus Bocah Yatim Piatu Dihukum Mandi Oli Bekas di Yogyakarta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan pengumuman kelulusan hanya dipublikasikan di sekolah masing-masing. Muhadjir beralasan pengumuman lewat sekolah dilakukan karena Ujian Nasional Berbasis Komputer sepenuhnya menjadi kepentingan sekolah dan siswa, bukan masyarakat umum. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply