Iming-iming Voucher McDonald’s di WhatsApp, Hoax!

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu para pengguna WhatsApp banyak yang kegirangan karena membaca pesan berisi iming-iming voucher atau tawaran gratis dari McDonald’s. Hal tersebut tampak dari pengakuan sejumlah pengguna Twitter yang telah mendapatkan sejumlah pesan berisi penawaran kupon gratis dari salah satu restoran cepat saji yaitu McDonald’s.

McDonald’s Indonesia memberi setiap orang kupon gratis Rp 250 ribu, begitu iming-imingnya. Namun begitu mencoba membuka situs yang terdapat dalam pesan tersebut, muncul laman yang mengharuskan pengunjungnya untuk menjawab sejumlah pertanyaan agar bisa mendapatkan kupon. Selain itu, laman tersebut cukup banyak dihiasi iklan di luar konteks.

Sejumlah netizen mengatakan mereka sudah memastikan bahwa itu palsu dan merupakan salah satu bentuk penipuan, bukan benar-benar berasal dari McDonald’s. Jadi tidak perlu untuk menanggapinya. Meski begitu, terdapat seorang warga Twitter yang mengaku sudah terlanjur menyebarkan pesan tersebut ke banyak orang dan merasa malu karenanya.

Ada juga yang mengaku kena tipu dari pesan tersebut. Pesan berisi iming-iming hadiah yang kerap beredar di aplikasi berbagi pesan ternyata memiliki potensi bahaya di dalamnya, mulai dari aksi penipuan hingga penyebaran malware. Kelihatannya ini adalah ulah pemasang iklan yang ingin mendapatkan keuntungan finansial dari klik.

Walaupun penawaran tersebut tampak jelas bukan dari pihak McDonald’s, namun pembuat scam tersebut cukup cerdik dengan memanfaatkan salah satu kelemahan pengguna WhatsApp. Trik memviralkan promo dilakukan dengan mengelabui korbannya bahwa ia sudah mendapatkan kupon McDonalds. Tetapi syaratnya adalah ia harus membagikan kepada 30 orang kontak WA-nya.

Baca Juga: Video Trailer John Wick 3 Yayan Ruhian Bertarung Dengan Keanu Reeves

Kemudian, terkait dengan kuesioner yang muncul setelah mengakses laman melalui tautan di dalam pesan tersebut, tujuan utama dari survei itu adalah memberikan keuntungan finansial bagi pembuat scam. Keuntungan tersebut bisa dalam bentuk tampilan iklan yang mendapat klik maupun survei yang akan diikuti oleh korbannya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply