Divonis Penjara! Bos First Travel Andika 20 Tahun dan Anniesa 18 Tahun

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan. bos First Travel terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dari duit setoran calon jemaah umrah. Total duit setoran jemaah umrah yang raib digunakan bos First Travel mencapai Rp 905 miliar.

Menurut majelis hakim, bos First Travel degan maksud menyembunyikan atau menyamarkan asal usul uang, mengalihkan setoran jemaah ke sejumlah rekening termasuk rekening pribadi Andika dan Anniesa. Majelis hakim pada Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat menjatuhkan vonis kepada dua terdakwa kasus penipuan agen perjalanan umrah First Travel yakni Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. Keduanya masing-masing diganjar hukuman 20 tahun dan 18 tahun penjara.

Hakim juga menjatuhkan pidana denda denda Rp10 miliar subsider 8 bulan kurungan kepada Andika dan Anniesa. Hakim memerintahkan supaya masa penangkapan dan penahanan para terdakwa dikurangkan dari pidana dijatuhkan, dan para terdakwa tetap dalam tahanan.

Hakim menyatakan Andika, Anniesa, dan Kiki terbukti menipu dan melakukan pencucian uang calon jemaah umrah. Mereka dinyatakan terbukti melanggar Pasal 378 KUHP, 372 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 dan juncto pasal 64, serta Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Vonis majelis hakim hampir sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum dibacakan pada 7 Mei 2018. Saat itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Andika dan Anniesa dengan hukuman 20 tahun penjara, serta didenda Rp10 miliar subsider satu tahun empat bulan kurungan.

Baca Juga: Ini Alasan Tujuan Dipilih Ronaldo Bila Pergi dari Real Madrid

Sedangkan Kiki diancam penjara selama 18 tahun, dan denda Rp5 miliar subsider satu tahun kurungan. Dalam sidang digelar sejak 19 Februari 2018, berderet fakta tentang ketidakberesan kegiatan agen perjalanan umrah itu terkuak satu-persatu. Mulai dari wanprestasi hingga penggelapan uang jemaah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply