Ini Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2018

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Hari ini pada pukul 17.00 WIB, peserta dapat mengecek pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan hari ini, Selasa 3 Juli 2018. Bagi yang ingin mengetahui hasil pengumuman, dapat mengaksesnya di situs resmi SBMPTN 2018 atau langsung ke laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id. Panitia juga menyediakan kanal pengumuman lain yang dapat diakses laman mirror dari 12 perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut ini daftar lengkap untuk akses pengumuman SBMPTN 2018 yang dapat diakses lewat laman mirror.

1. http://sbmptn.ui.ac.id
2. http://sbmptn.undip.ac.id
3. http://sbmptn.ugm.ac.id
4. http://sbmptn.unair.ac.id
5. http://sbmptn.unsri.ac.id
6. http://sbmptn.untan.ac.id
7. http://sbmptn.itb.ac.id
8. http://sbmptn.its.ac.id
9. http://sbmptn.ipb.ac.id
10. http://sbmptn.unand.ac.id
11. http://sbmptn.unhas.ac.id
12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sendiri digelar pada Selasa, 8 Mei 2018. Ada 860.001 peserta yang akan mengikuti ujian tersebut. Peningkatan ini terjadi salah satunya semakin tingginya minat lulusan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sejumlah kesiapan telah dilakukan, baik oleh panitia pusat maupun lokal guna menyukseskan seleksi tersebut.

Sementara, untuk pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC). Pemilihan kategori tersebut disesuaikan dengan kesiapan pelaksana ujian. Mengingat untuk ujian menggunakan komputer juga diperlukan fasilitas yang memadai. Para peserta SBMPTN akan memperebutkan lebih kurang 135 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan. Selain itu, panitia menyediakan beberapa cara pengecekan hasil.

Pertama, akses laman resmi SBMPTN dan klik pada tautan pengumuman. Cara kedua, peserta dapat mengakses laman mirror 12 perguruan tinggi negeri (PTN) seperti laman resmi Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universtias Syiah Kuala, Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, Universitas Andalas, dan Universitas Tanjungpura.

Baca Juga: Ini Alasan Polisi Tahan Reza Bukan, Meski Hasil Tes Urine Negatif

Penyediaan beberapa laman ini dimaksudkan untuk menghindari gangguan saat para peserta melakukan pengecekan. Pasalnya, tahun lalu, laman resmi SBMPTN sempat sulit diakses ketika pengumuman karena banyaknya pengakses. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply