Foto Keunikan Trofi Kayu Piala Presiden 2015 Karya Seniman Bali

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Persib Bandung berhasil membawa pulang trofi Piala Presiden 2015. Namun ada yang unik dari trofi Piala Presiden 2015. Trofi Piala Presiden 2015 tidak dibuat dari emas seperti piala kebanyakan, namun dari kayu jati. Adalah Ida Bagus Ketut Lasem, perajin asal Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Bali yang dipercaya membuat tropi untuk juara sepak bola Piala Presiden 2015.

Selama sebulan Ida Bagus Ketut Lasem mengerjakan trofi tersebut. Kepiawaian bidang seni ukir khas Bali mengantarkan Ida Bagus Ketut Lasem bertemu langsung dengan Kepala Negara. Selama sebulan proses pengerjaan, kendala utama yang dihadapi adalah membuat proporsional bentuk piala setinggi 60 sentimeter dengan berat 15 kg dan lebar 25 cm.

Ida Bagus Ketut Lasem terlebih dulu membentuk bahan kayu jati gelondongan Bojonegoro sesuai rancang bangun (disain) dalam bentuk gambar yang disiapkan oleh pihak panitia (pemesan). Piala Presiden dihiasi dengan ukiran khas Bali menggunakan bebaturan dan simbar. Bebaturan dilambangkan sebagai dasar untuk mengkokohkan bangunan, dan simbar sebagai daun yang memberikan kehidupan.

Baca Juga: Video Foto Penampakan Kota Melayang di Langit China

Piala Presiden berpondasi ukiran Baturaksa (karang batu simbar) berukuran panjang 25 cm x 25 cm dan tebal 10 cm. Tinggi piala 50 cm, dengan berat total 15 kg. Dengan karya itu diharapkan semakin mengukuhkan Gianyar sebagai kabupaten seni dan budaya yang selalu melahirkan seniman unggul yang mendapat pengakuan secara nasional dan internasional. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply