Mengenal Adul Sam Pahlawan Remaja Aksi Penyelamatan Thailand, Fasih Lima Bahasa

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Adul Sam, remaja berusia 14 tahun fasih bercakap-cakap dalam lima bahasa. Yakni Inggris, Thailand, Burma, Mandarin dan Wa, bahasa yang dipakai di perbatasan Myanmar dan China. Adul Sam muncul sebagai pahlawan dalam aksi penyelamatan. Adul Sam, anggota tim sepak bola Wild Boars memainkan peran penting dalam penyelamatan remaja Thailand yang dramatis.

Ke-12 remaja Thailand terjebak di gua Tham Luang, Thailand Utara bersama pelatihnya sejak 23 Juni dan berhasil diselamatkan tiga pekan kemudian, Selasa 10 Juli 2018. Kemahiran berbahasa Adul sangat penting saat tim penyelam Inggris menemukan mereka di celah labirin gua yang tergenang air, sembilan hari setelah dilaporkan hilang. Berkat kefasihannya berbahasa Inggris, Adul bisa menjelaskan berapa lama mereka terjebak di gua dan apa saja yang mereka perlukan.

Tim penyelam SEAL Angkatan Laut Thailand mengunggah foto Adul dengan senyum lebar di wajahnya. Meski dalam situasi yang sangat sulit, Adul masih dapat tersenyum optimistis. Adul Sam satu-satunya remaja Thailand yang terjebak di gua, yang dapat berkomunikasi dengan para penyelam Inggris.

Berkat Adul, ke-12 remaja dan pelatih sepak bolanya berhasil keluar dari gua dengan selamat. Kabar keberhasilan penyelamatan remaja Thailand pun mendunia. Hal-hal kecil tentang ke-12 remaja Thailand yang terjebak di gua itu pun tersiar. Duganpet Promptep, kapten kesebelasan berhasil mengalahkan rasa takutnya pada kegelapan.

Peerapat Sompiangjai seharusnya merayakan hari ulang tahun ke-16 di hari dia dinyatakan hilang. Namun kisah Adul lebih menyedihkan. Delapan tahun lalu, orang tua Adul menyerahkan dia ke sebuah gereja Baptis di Thailand. Adul pun dirawat oleh pendeta tersebut bersama istrinya.

Baca Juga: Nivea Perawatan Untuk Bibir Yang Terlihat Kering Yang Sempurna

Status Adul sebagai anak tanpa kewarganegaraan mendorong dia untuk unggul melampaui teman-teman sekelasnya. Pemain sepak bola tersebut dikenal sebagai anak serba bisa. Adul dapat memainkan tiga instrumen, memenangkan setiap pertandingan olah raga. Mulai dari voli dan futsal. Nilai akademis Adul pun semuanya A. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply