Ini Penjelasan PVMBG Mengapa Gempa Lombok Sering Terjadi

0
I CumaBerita.com, Jakarta Dua gempa Lombok berikut gempa susulannya berasal dari kelompok sesar di busur Flores. Kelompok sesar naik, arah sudutnya naik dari selatan (dari utara menghunjam ke bawah). Thrust (subduksi) itu di zona ini. Gempa inilah yang menyebabkan kerusakan, karena paling dekat dengan lokasi gempa.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, mengatakan banyaknya kelompok sesar di busur Flores, di sekitar kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat menyebabkan gempa Lombok tidak langsung berhenti. Gempa Lombok yang berselang sepekan yakni 29 Juli 2018 dan 5 Agustus 2018 berasal dari zona yang sama, zona Flores Back Arc Thrust. Zona subduksi atau thrust memanjang di utara Pulau Lombok hingga Flores.

Panjangnya jauh lebih pendek dari zona subduksi di bagian selatan jajaran pulau-pulau itu, yakni zona subduksi akibat pertemuan lempeng benua yang memanjang sejak dari Aceh, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, hingga Pulau Timor. Zona ini adalah busur vulkanik di sepanjang pulau-pulau itu, ada hunjaman.

Zona subduksi Flores Back Arc tersebut merupakan kelompok sesar naik yang memanjang di utara Pulau Lombok, Sumbawa, hingga Flores. Karena lokasi tiga pulau itu relatif dekat dengan zona subduksi busur Flores, maka tiga pulau itu hampir seluruhnya masuk kategori rawan gempa bumi menengah di dalam Peta Kerawanwan Bencana Gempa Bumi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mencatat korban meninggal akibat gempa Lombok 91 orang dan 209 orang luka-luka. Pencarian dan evakuasi korban masih terus belangsung.

Fokus utama saat ini adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar. Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenaga medis, air bersih, permakanan, selimut, tikar, tenda, makanan siap saji, layanan trauma healing dan kebutuhan dasar lainnya.

Baca Juga: Gempa Lombok 7SR 82 Korban Meninggal Tertimpa Bangunan

Kegiatan belajar mengajar di sekolah di wilayah Lombok Utara, Lombok Timur, dan Mataram akan diliburkan karena dikhawatirkan bangunan sekolah membahayakan siswa. Akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu oleh petugas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply