Hal Ini Dipersiapkan Jepang Untuk Menghadapi Gempa Bumi

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Gempa yang mengguncang Lombok membuat masyarakat kembali bertanya-tanya seberapa besar potensi bencana alam ini terjadi di Indonesia. Apalagi jika melihat ke belakang, utamanya mengaca pada kejadian gempa yang menyebabkan tsunami di Aceh pada tahun 2004 ataupun di Padang pada tahun 2009. Para ahli mengatakan, apabila dilihat secara geologi, baik dari lempengan dan patahan yang ada, gempa memang sudah pasti akan terjadi di Indonesia.

Jepang adalah negara yang rawan mengalami bencana alam berupa gempa bumi, sama seperti Indonesia. Namun di negeri bunga sakura itu, berbagai hal sudah dipersiapkan dengan baik oleh pemerintahnya bagi masyarakat agar bencana tidak membawa dampak terlalu buruk bagi mereka. Persiapan menghadapi gempa bumi itu diajarkan bahkan mulai dari anak-anak masih duduk di bangku TK, sehingga bila sewaktu-waktu lempeng-lempeng tektonik yang berada di sekitar Jepang bergerak, mereka sudah terlatih.

Berikut ini 5 hal yang dipersiapkan oleh Jepang jika terjadi gempa bumi.

Rumah anti gempa
Mulai dari pembangunan rumah, pemerintah Jepang sudah sejak dulu merancang desain anti gempa. Rumah tradisional Jepang terbuat dari kayu dan kertas khusus yang ringan dan kuat. Saat ini, semua bangunan di Jepang harus mengikuti aturan pemerintah termasuk konstruksinya.

Sistem peringatan dini
Di Jepang semua ponsel mempunyai sistem peringatan dini terhadap gempa dan tsunami. Hanya 5-10 detik sebelum gempa, ponsel akan memberi peringatan. Dengan begitu warga sudah bisa berlindung ke tempat yang aman dari runtuhan bangunan.

Ransel darurat
Terdapat panduan khusus untuk warga tentang cara bertahan hidup di saat terjadi bencana, dan membangun sistem penyelamatan darurat seperti posko pengungsian. Jadi saat terjadi bencana besar, warga punya ransel khusus berisi peralatan bertahan hidup dan jalur ke posko pengungsian.

Pemberian pengetahuan secara berkala
Jepang selalu memberikan pengetahuan khusus terkait bencana pada warganya, berupa simulasi bencana. Hal ini rutin diadakan sejak anak-anak masih usia dini, bahkan di TK. Jadi saat bencana terjadi mereka bisa tetap tenang bahkan mengungsi dalam antrian teratur.

Baca Juga: Kasus Video Mesum Ariel NOAH Bisa Buat Luna Maya Dan Cut Tari Dipenjara!

Mematikan gas
Gas yang disalurkan ke rumah-rumah warga bisa jadi bencana lain pemicu kebakaran. Jadi warga terutama ibu rumah tangga dilatih untuk segera menuju dapur dan mematikan saluran gas jika gempa terjadi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply