Mengenal Ma’ruf Amin Cawapres Jokowi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin disebut dipilih sebagai calon wakil presiden pendamping Joko Widodo. Keputusan Ma’ruf menjadi cawapres bagi Jokowi juga dibenarkan oleh Sekjen parpol pendukung Jokowi lainnya.

Akhirnya Joko Widodo (Jokowi) resmi menggaet Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Penunjukan itu memberi dampak dari dua sisi, bagi sektor ekonomi nasional. Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menilai, terpilihnya Ma’ruf Amin mampu menciptakan stabilitas politik, sebab dianggap bisa meredam isu suku agama dan ras (SARA) yang kini ramai menjadi perdebatan. Sisi positif lain, Ma’ruf Amin dianggap sebagai orang yang konsisten memperjuangkan konsep ekonomi keumatan atau ekonomi syariah.

Akan tetapi, pengangkatan Ma’ruf Amin sebagai pendamping Jokowi ini juga seakan mematahkan harapan pelaku usaha nasional yang menginginkan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memilih sosok yang paham dunia ekonomi.

Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menetapkan Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Hal tersebut di luar perkiraan pelaku pasar saham. Ma’ruf dikenal sebagai ulama ahli fiqih yang ahli di dalam pemerintahan.

Perpaduan Jokowi dan Ma’ruf, dianggap pria yang akrab disapa Mumu itu, mampu mengakomodasi kepentingan nasional. Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin adalah ulama dan politisi Indonesia. Sejak Agustus 2015, ia menjabat sebagai Rais ‘Aam Syuriah pada Pengurus Besar Nahdlatul ‘Ulama dan Ketua Majelis Ulama Indonesia.

Ma’ruf Amin duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada 9 Agustus 2018, Ma’ruf Amin diumumkan sebagai calon Wakil Presiden Indonesia pada pemilihan umum Presiden Indonesia 2019, mendampingi petahana Joko Widodo.

Baca Juga: Hal Ini Dipersiapkan Jepang Untuk Menghadapi Gempa Bumi

Pria lulusan Pondok Pesantren Tebu Ireng ini memulai kariernya di dunia dakwah dari bawah. Tak hanya itu, Ma’ruf Amin juga menjalani yang sama di politik. Keilmuan agama dan wawasan kebangsaannya mengantarkannya menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Ketua Majelis Ulama Indonesia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply