Idrus Marham Berstatus Tersangka KPK, Punya Kekayaan Rp25,7 M

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Idrus Marham, Menteri Sosial segera mengundurkan diri dari jabatannya karena terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Idrus Marham mengakui sudah mendapat pemberitahuan penyidikan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Usai mendapat pemberitahuan itu Idrus Marham mengatakan baru bisa melaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Setelah itu, Idrus Marham mendapat kesempatan bertemu Jokowi. Dalam kesempatan itu, Idrus Marham mengatakan mengajukan pengunduran dirinya sebagai Menteri Sosial kepada Jokowi. Politikus Golkar ini mengatakan kepada Jokowi dia berpesan agar segera mencari menteri sosial untuk menggantikannya. Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi telah memeriksa Idrus tiga kali sebagai saksi yakni 19 Juli, 26 Juli, serta 15 Agustus 2018.

Kediaman Idrus Marham merupakan tempat KPK menangkap tangan Eni Maulani Saragih. Eni, politikus Partai Golkar, diduga menerima suap Rp4,8 miliar dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo untuk memuluskan proses penandatanganan Pembangkit setrum Riau itu. Idrus Marham mengaku telah menyandang status tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Idrus menyatakan kasus yang menjeratnya terkait dengan penyidikan dugaan suap proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1. Sebagai seorang yang pernah menjadi pejabat negara, Idrus turut menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dilihat dari aplikasi LHKPN, laporan kekayaan Idrus disahkan pada 13 Agustus 2018 selaku Menteri Sosial. Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar itu tercatat memiliki total kekayaan Rp26,1 miliar dengan utang Rp388,3 juta.

Dengan demikian total kekayaan bersih Idrus sejumlah Rp25,7 miliar. Dari lampiran LHKPN itu, Idrus tercatat memiliki sekitar 60 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Makassar, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur. Total aset tak bergerak Idrus itu mencapai Rp22,4 miliar.

Baca Juga: Sosok Idrus Marham, Menteri Pertama Jokowi Jadi Tersangka di KPK

Selain itu, Idrus juga memiliki harta bergerak berupa satu unit mobil Nissan Infinity, satu unit mobil Mitsubishi Pajero, dan satu unit mobil Toyota Alphard. Total aset harta bergerak tersebut sejumlah Rp2 miliar. Idrus juga mempunyai kas dan setara kas sejumlah Rp1,6 miliar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply