Grafik Lonjakan Dolar AS Menembus Rekor Rp 14.744

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Hingga saat ini nilai tukar rupiah belum berhenti melemah lawan dolar Amerika Serikat (AS). Mata uang Paman Sam itu menembus Rp 14.744. Posisi dolar AS itu merupakan rekor tertinggi di 2018, setara posisi tertinggi dalam 3 tahun terakhir. Pada 24 September 2015 lalu, the greenback sempat menembus rekor Rp 14.855.

Kini dolar AS masih berada di level Rp 14.650. Pergerakan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hari ini masih menunjukkan penguatan. Mata uang Paman Sam bahkan terus melanjutkan rekor tertinggi dalam tiga tahun terakhir dengan berada pada level Rp 14.729. Angka tersebut tertinggi dalam tiga tahun terakhir namun masih kalah dari rekor Rp 14.855 yang terjadi pada 24 September 2015. Namun, ini merupakan rekor tertinggi dolar AS di 2018. Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI sebelumnya menjelaskan tekanan yang terjadi pada rupiah dipicu oleh faktor eksternal.

Yakni revisi data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) kuartal II. Bank Indonesia berada di pasar untuk memastikan pelemahan Rupiah tidak cepat dan tajam. Bank Indonesia juga masuk ke pasar surat berharga negara (SBN) untuk melakukan stabilisasi.

Namun karena sentimen global, seperti normalisasi kebijakan moneter di AS, ancaman kenaikan suku bunga The Fed hingga perang dagang AS dengan China dari Maret hingga sekarang, the greenback pun kian perkasa. Nilai dolar AS berdasarkan perdagangan Reuters tercatat Rp 14.670. Berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Rp 14.655.

Baca Juga: Fadly Albar Meninggal Mendadak, Sakit Maag dan Liver

Hingga akhirnya dolar AS pertama kali menembus level psikologis Rp 14.000 pada Mei 2018. Namun berkat upaya pemerintah dan BI dengan menaikkan beberapa kali suku bunga acuan, penguatan dolar sempat mereda dan kembali ke level Rp 13.700 di awal Juni 2018. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply