Foto Profil Daniel Zhang, Pengganti Bos Alibaba Jack Ma

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Daniel Zhang bukan wajah baru dalam grup Alibaba. Saat ini Daniel Zhang menjabat sebagai CEO Alibaba Group. Sepak terjang Zhang di Alibaba Group dimulai pada 2007, saat ia bergabung di Taobao sebagai Chief Financial Officer (CFO).

E-Commerce terbesar di China, Alibaba Group akan memiliki nahkoda baru, Daniel Zhang yang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba pada 10 September 2019 mendatang. Taobao merupakan salah satu anak usaha Alibaba yang menyerupai situs lelang eBay dengan fokus kepada barang elektronik. Pada 2008, Zhang digeser menjadi Chief Operating Office Taobao. Karier Daniel melesat pada 2011, ia didapuk sebagai Presiden Tmall, platform business-to-consumer (B2C) milik Alibaba. Saat menjabat sebagai Presiden, ia mempelopori sebuah terobosan yang membuat ia semakin dikenal.

Daniel Zhang menciptakan 11 November Shopping Festival (Single’s Day). Acara sangat populer di China khususnya untuk yang masih single. Tanggal event ini didominasi angka 1, angka 1 ini merepresentasikan kesendirian.

Pada 2017, pembeli menghabiskan sekitar US$25 miliar atau Rp372 triliun dalam event belanjan ini. Event tahunan ini menjadi hari belanja offline dan online terbesar di dunia. Keberhasilan kepemimpinan pria kelahiran 11 Januari 1972 ini membuat Alibaba Group kepincut menarik Zhang ke kantor pusat.

Pada 2013 ia menjabat sebagai COO Alibaba Group. Ia berperan mengawasi operasi bisnis Alibaba Group di China maupun di luar negeri. Pada Mei 2015, Zhang menggantikan Jonathan Lu sebagai CEO Alibaba Group. Zhang dipercaya untuk mengambil alih kepemimpinan setelah pendapatan Alibaba turun sebesar 49 persen pada awal tahun 2015.

Banyak pihak meyakini pengalaman Zhang ketika memimpin perkembangan cepat Tmall dan mempelopori Single’s day mampu meningkatkan ekosistem yang tepat bagi marketplace Alibaba. Zhang juga memimpin investasi Alibaba dalam Alibaba Health, Haier, In+me Retail and Singapore Post.

Baca Juga: Video Romano Fenati Tekan Rem Lawan, Dipecat Rossi Moto2 San Marino

Zhang merupakan anggota direksi dari perusahaan publik termasuk Alibaba Health dfan Weibo. Zhang memiliki latar belakang keuangan yang sangat kuat. Ia mendapatkan gelar sarjana keuangan dari Shanghai University of Finance and Economics. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply