Getaran Gempa 7,7 SR Guncang Donggala, Berpotensi Tsunami

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya, Donggala diguncang gempa dengan magnitudo 6 dengan pusat gempa 2 km arah utara Kota Donggala pada kedalaman 10 km pada Jumat, 28 September 2018, pukul 14.00.00 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro. Gempa susulan kembali mengguncang Donggala, Sulawesi tengah. Kali ini, kekuatannya lebih besar dengan magnitudo 7,7.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi tsunami. Gempa dengan magnitudo 7,7, 28 September, pukul 17.02.44 WIB, Lokasi 0.18 LS,119.85 BT [27 km TimurLaut DONGGALA-SULTENG], Kedalaman 10 Km, Potensi tsunami. Setelah itu gempa itu, BMKG menyebut Donggala dan sekitaranya juga kembali diguncang gempa dengan magnitudo 6,1 pada pukul 17:14:25 WIB. Pusatnya di 58 Km Timur Laut Donggala dengan kedalaman 10 KM.

Setelah itu, ada gempa dengan kekuatan magnitudo 5,0 pada pukul 14.28.37 WIB, magnitudo 5,3 pada pukul 15.25.00 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan dini tsunami akibat gempa dengan magnitudo 7,7 yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro.

Dampak dari gempa itu menyebabkan satu orang meninggal dunia. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihaknya masih terus melakukan evakuasi dan pendataan terhadap korban jiwa dan korban luka.

Gempa yang dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa. Beberapa rumah roboh dan rusak akibat gempa. Posko BNPB telah mengkonfirmasi ke BPBD Kabupaten Donggala terkait dampak gempa.

Gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Parigi Moutong. Secara umum gempa dirasakan berintensitas sedang selama 2-sampai 10 detik. Gempa dirasakan beberapa kali karena adanya gempa susulan. Sumber gempa sendiri berasal dari sesar Palu Koro.

Baca Juga: Sosok Denira Wiraguna, Artis Cantik Pacar Kevin Sanjaya

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala IV MMI, Palu III MMI, Poso II MMI. Warga diharapkan tidak perlu panik karena tidak berpotensi tsunami. Namun, tak lama setelah itu terjadi gempa susulan dengan kekuatan 7,7 SR. Akibat besarnya guncangan gempa memicu peringatan dini tsunami. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply