Video Detik-Detik Tsunami di Donggala Sulawesi Tengah

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Deputi Bidang Geofisika mengatakan bahwa level tsunami di Palu, Sulteng, itu berkategori siaga, dengan tinggi ombak dari 0,5 meter sampai 3 meter. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan mereka mulanya tidak yakin dengan beredarnya sejumlah rekaman video beredar di dunia maya, soal tsunami di Kota Palu dan Kota Donggala, Sulawesi Tengah akibat gempa.

Namun, mereka baru meyakini hal itu benar setelah menerima konfirmasi beberapa waktu kemudian. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan pihaknya mengakhiri peringatan dini tsunami akibat gempa Donggala, Sulteng, setelah tsunami terjadi dan surut dari daratan. Dwikorita menyebut peringatan dini itu diakhiri pada Jumat 28 September 2018 pukul 17.36 WIB.

Dwikorita membenarkan bahwa video-video amatir yang beredar soal tsunami di Palu benar adanya. Tsunami itu terjadi lebih dulu di Palu. Tsunami kemudian bergerak ke lokasi lainnya, termasuk di Mamuju, Sulteng. Di lokasi itu, saksi mata melihat tinggi gelombang tsunami mencapai 6 cm.

Gempa besar berkekuatan 7,7 yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 dipastikan disertai tsunami. Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono memastikan bahwa tsunami terjadi cukup tinggi.

Kapal Perintis Nusantara 39 naik ke daratan dan menghantam sebuah bangunan usai tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Akibatnya, bangunan tersebut mengalami kerusakan. Kapal tersebut menabrak sebuah bangunan berwarna putih-biru.

Selain kapal yang naik ke daratan dan menghantam bangunan, terlihat pula kerusakan sejumlah bangunan pasca gempa di Palu. Ada pula sejumlah jenazah yang terlihat di beberapa titik. Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala, Sulteng. Gempa tersebut juga memicu tsunami di Palu.

Baca Juga: Video Detik-Detik Gelombang Tsunami di Pesisir Palu

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada informasi soal korban jiwa akibat gempa dan tsunami. Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan jumlah pasti korban jiwa dan luka akibat gempa dan tsunami di Sulteng. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply