Ini Tanggapan Jokowi, Amien Rais Minta Kapolri Tito Dicopot

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Menurut Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Relawan Jokowi (ReJo) Amien Rais tengah berupaya “memperkeruh” stabilitas politik sekaligus melakukan “intimidasi politik” terbuka terhadap institusi kepolisian.

Pernyataannya itu dengan merujuk tindakan Amien Rais yang melakukan aksi kawal massa dari Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) saat menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Rabu,10 Oktober 2018 terkait kasus berita bohong (hoax) Ratna Sarumpaet. Secara bersamaan, Amien Rais juga menuntut pencopotan Kapolri Jenderal Tito Karnavian atas dugaan penerimaan aliran dana korupsiMengungkit kembali sebuah kasus yang sudah inkracht (tetap), lalu menudingkannya secara sembrono kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, tak lebih dari sekadar bentuk pengalihan isu.

Yang bertujuan untuk menekan Kapolri guna membuka ruang negosiasi yang tidak perlu. Amin Rais sebagai saksi kunci dalam kasus hoax Ratna merupakan hal yang biasa dalam hukum acara penyidikan Polri. Desakan Amien Rais pada Jokowi untuk mencopot Kapolri Tito Karnavian adalah upaya picik.

Amien menyatakan itu sesaat sebelum masuk ke ruang Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Amien tidak menjelaskan panjang lebar alasan dia meminta Tito dicopot. Dia hanya menunjukkan lembaran koran nasional.

Pasalnya Amien mendasarkan pelanggaran Tito pada dugaan yang spekulatif. Presiden Jokowi awalnya ditanyai mengenai hasil investigasi Indonesialeaks, di mana ditemukan dugaan rusaknya alat bukti oleh penyidik di KPK.

Terkait kasus itu, Presiden Jokowi tak mau bicara lebih jauh. Presiden Jokowi mengatakan hal itu baru dugaan. Presiden Jokowi juga menegaskan tidak mau ikut campur masalah hukum itu. Presiden Jokowi sendiri mengaku sering bertemu dengan Tito.

Baca Juga: Sore Ini Harga BBM Premium Naik Jadi Rp 7.000/Liter

Namun Presiden Jokowi mengaku belum mengkonfirmasi hal itu, karena kasus yang dialamatkan ke Tito baru sekadar dugaan. Terkait dengan adanya permintaan agar Tito dipecat, termasuk dari Amien Rais, Presiden Jokowi menilai desakan itu biasa saja. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply