Banjir Merendam 11 Kabupaten di Sumbar

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Meski sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami kekeringan namun tidak demikian dengan sebelas Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat yang terkena banjir. Banjir terjadi di Wonisari Kinali, Simpang Tiga, Jambak Luhak Nan Duo, Kapa, Sasak, Batang Saman Kecamatan Pasaman, Gunung Tuleh, Sungai Aur, Koto Sawah Ujung Gading, Ranah Batahan, Air Bangis, dan Parit.

Sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Musibah ini disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi sejak awal Oktober dan puncaknya Kamis 11 Oktober 2018. Selain merendam rumah warga, banjir disertai longsoran tanah menelan korban jiwa dan merusak infrastruktur jalan, jembatan hingga pasokan listrik. Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah mengeluarkan edaran melalui Surat Nomor 360/1223/BPBD/X-2018 perihal Peningkatan Kesiapsiagaan Aparatur Masyarakat terhadap Bencana, tertanggal 1 Oktober 2018.

Melalui surat itu, gubernur meminta para kepala daerah untuk melakukan koordinasi dan menyiapkan langkah-langkah teknis dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan aparatur dan masyarakat terhadap bencana di wilayah masing-masing.

Berdasarkan pertimbangan atas tingginya curah hujan beberapa hari terkakhir, gubernur mengimbau para kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaan. Para bupati dan wali kota diminta melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Selain itu juga diminta agar seluruh daerah mengaktifkan Posko Penanggulangan Bencana 1×24 jam setiap hari dan agar seluruh kepala daerah aktif berkoordinasi melalui SKPD terkait dengan daerah lain dan Pemprov untuk saling memberikan informasi kondisi di daerah masing-masing.

BMKG mengeluarkan peringatan dini sejak awal Oktober hingga tiga hari ke depan. Warga diminta mewaspadai potensi hujan sedang-lebat, disertai petir/kilat pada siang-sore sore malam hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Kep Mentawai, Solok, Padang Pariaman, Agam, Solok dan daerah lainnya.

Baca Juga: Arti Istilah di Game of Thrones yang Disebut Presiden Joko Widodo

Guyuran hujan merendam permukiman warga. Banjir juga disebabkan luapan sungai atau banjir bandang. Daerah seperti Pasaman Barat, Pasaman, Padang Pariaman, Tanah Datar, mengalami dampak paling parah. Beberapa bahkan merenggut korban jiwa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply